Ini Teknologi Canggih Iran yang Bikin Jokowi Kepincut

Senin, 05 Juni 2023 - 18:18 WIB
loading...
Ini Teknologi  Canggih Iran yang Bikin Jokowi Kepincut
Nanoteknologi adalah satu ilmu atau teknologi yang mempelajari obyek yang ukurannya sangat kecil FOTO/ LC
A A A
TEHERAN - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengakui kepincut dengan teknologi yang tengah dikembangkan Iran termasuk Bioteknologi dan nano teknologi.

BACA JUGA - Bantu Iran Blokir Google dan Instagram Cs, AS Semprot Arvan Cloud

Hal itu diutarakan Jokowi saat kunjungan Presiden Republik Islam Iran, Seyyed Ebrahim Raisi di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (23/5/2023).

"Saya juga tadi menyampaikan terkait alih teknologi, Indonesia bersama dengan BUMN kerja sama bioteknologi dan nano teknologi," kata Jokowi.

.Seperti dilansir dari Teheran News, sekitar tiga puluh persen dari semua paten Iran yang terdaftar di Amerika Serikat dan Eropa terkait dengan nano teknologi.

Iran peringkat ke-24 pada tahun 2021 untuk patennya yang terdaftar di Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO).

Menurut kantor pusat pengembangan nan oteknologi nasional, Iran mematenkan 307 inovasi pada akhir tahun 2021 di kantor pendaftaran di Amerika Serikat dan Eropa.

Nanoteknologi adalah satu ilmu atau teknologi yang mempelajari obyek yang ukurannya sangat kecil (sepersemiliar meter), kemudian dilakukan manipulasi-manipulasi untuk menghasilkan benda-benda baru yang menjadi karakter khusus seperti yang diinginkan.

Nanosains dan nanoteknologi yang berkembang di bidang ilmu komputer diantaranya untuk mengurangi ukuran komputer biasa menjadi ukuran yang kecil seperti laptop, teknologi ponsel pintar dan perangkat elektronik modern lainnya untuk penggunaan sehari-hari.

Di bidang "nanopharmaceuticals", nano teknologi digunakan sebagai pengobatan dan penanda/biomarker.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)