Kalahkan Apple, Samsung Jadi Merek HP Paling Gampang Diperbaiki

Senin, 08 Mei 2023 - 10:35 WIB
loading...
A A A
Demikian juga halnya dengan iPhone 13 yang punya waktu perbaikan rata-rata 67,8 menit dengan 25% pengerjaannya dianggap mudah.

Disisi lain, kategori smartphone paling sulit untuk diperbaiki dipuncaki oleh Google Pixel 7 yang rilis tahun lalu. Ponsel ini memiliki waktu pengerjaan 60,3 menit namun dengan nilai kesulitan 100%.

Kemudian di posisi selanjutnya ada Galaxy Note 10 dan iPhone SE yang masing-masing memiliki waktu perbaikan rata-rata 58,4 menit dan 55,6 menit. Keduanya masih dengan tingkat kesulitan perbaikan 100%.

Fakta menarik lainnya, Samsung juga menjadi yang teratas dalam hal keramahan perbaikan pada 2013 dan 2014. Setelah periode itu, mereka kalah dengan vendor lain seperti Google, Motorolla, Apple, dan Xiaomi.

Akhirnya pada 2022 kemarin, Samsung kembali menempati posisi sebagai ponsel paling mudah diperbaiki di dunia.



Samsung tampaknya serius memperhatikan rancangan ponselnya agar lebih mudah diperbaiki. Hal ini terbukti dari Galaxy S23 terbaru mereka yang hadir dengan kantong baterai sederhana sehingga memudahkan proses penggantian.

Jika hal seperti ini konsisten dilakukan, maka kemungkinan posisi Samsung akan meningkat sebagai merek smartphone yang paling ramah perbaikan di pasar global.

Di masa mendatang, kemudahan perbaikan bisa menjadi salah satu faktor pertimbangan konsumen dalam membeli smartphone. Perusahaan lain pun berpotensi mengikuti jejak Samsung yang memprioritaskan kemudahan perbaikan perangkatponsel.
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2757 seconds (0.1#10.140)