Kalahkan Apple, Samsung Jadi Merek HP Paling Gampang Diperbaiki

Senin, 08 Mei 2023 - 10:35 WIB
loading...
Kalahkan Apple, Samsung Jadi Merek HP Paling Gampang Diperbaiki
Samsung jadi merek HP yang paling mudah diperbaiki di dunia. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Samsung menjadi merek HP yang paling mudah untuk diperbaiki sepanjang 2022. Bahkan, vendor asal Korea Selatan ini mampu mengalahkan Apple yang terkenal sangat mudah diganti-ganti komponennya.

Kesimpulan tersebut didapatkan dari hasil studi Electronics Hub yang menganalisis data iFixit. Mereka menentukan ponsel mana yang paling mudah dan sulit untuk diperbaiki di rumah.

Penghitungannya dilakukan berdasarkan rata-rata waktu perbaikan dan tingkat kesulitan instruksi panduan perbaikan yang ditemukan secara online.

Data menunjukkan bahwa dua ponsel Samsung Galaxy ternyata menempati 3 besar ponsel paling mudah untuk diperbaiki.

Dilansir dari Gizmochina, Senin (8/5), Galaxy S22 Ultra tahun 2022 menempati peringkat ketiga dalam hal kemudahan perbaikan. Kemudian di posisi kedua ada Galaxy A40 yang rilis 2019.

Sementara peringkat pertama dipegang oleh smartphone Motorolla Moto 7 yang meluncur di tahun yang sama dengan Galaxy A40.

Untuk produk Apple sendiri, posisinya berada tepat di bawah Galaxy S22 Ultra. Ponsel iPhone 11 Pro Max menempati posisi keempat dan disusul iPhone 13 melengkapi 5 besar smartphone paling mudah diperbaiki.

Meski jarak mereka berdekatan, namun Samsung dan Apple punya margin yang cukup besar dari segi waktu perbaikan dan persentase kemudahannya.

Ponsel Galaxy A40 punya waktu perbaikan rata-rata 32,6 menit. Ponsel ini memiliki tingkat kemudahan perbaikan dengan nilai 42,9%.
Sementara untuk Galaxy S22 Ultra memiliki waktu rata-rata perbaikan sekitar 48,1 menit dengan nilai 33,3% perbaikan mudah dilakukan.

Beralih ke ponsel Apple, iPhone 11 Pro Max justru memiliki waktu perbaikan rata-rata 63,2 menit. Angka ini terpaut jauh dengan produk Samsung sebelumnya. Sementara untuk tingkat kemudahan perbaikan, iPhone 11 Pro Max mencatat nilai 30%.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0957 seconds (0.1#10.140)