Bank Inggris Peringatkan Penipuan lewat Media Sosial, Targetkan Pengguna Facebook, WhatsApp dan Instagram

Sabtu, 06 Mei 2023 - 08:53 WIB
loading...
Bank Inggris Peringatkan Penipuan lewat Media Sosial, Targetkan Pengguna Facebook, WhatsApp dan Instagram
TSB Bank, milik negara Inggris mengeluarkan peringatan tentang maraknya penipuan di media sosial. Foto/Yahoo
A A A
LONDON - TSB Bank , milik negara Inggris mengeluarkan peringatan tentang maraknya penipuan di media sosial . Secara spesifik, TSB menyebut adanya peningkatan angka penipuan yang menarget pengguna Facebook, WhatsApp dan Instagram.

TSB Bank mengatakan bahwa data internalnya menunjukkan penipuan yang datang melalui perusahaan-perusahaan milik Meta ini menyumbang sekitar 80% kasus penipuan dalam tiga kategori penipuan terbesar di TSB, yakni penipuan pembelian, peniruan identitas, dan investasi.

TSB menganalisis data penipuan pelanggannya dari Januari 2021 hingga Desember 2022 untuk membuat temuan. Hasilnya, bank mengeluarkan peringatan kepada para pengguna platform dari raksasa teknologi Meta tersebut untuk selalu berhati-hati.



Seperti dihimpun dari Metro pada Sabtu (6/5/2023), mereka juga mendesak para calon investor untuk tetap berpegang pada platform investasi yang diakui. Selain itu juga meminta masyarakat untuk menghindari skema cepat kaya yang beredar di media sosial.

Direktur Pencegahan Penipuan TSB, Paul Davis mengatakan, perusahaan media sosial harus segera membersihkan platform mereka untuk melindungi orang tak bersalah yang tak terhitung jumlahnya yang menggunakan layanan mereka setiap hari.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati terhadap potensi konten penipuan dan menyebarkan berita tentang maraknya kasus penipuan di media sosial untuk membantu melindungi orang-orang lainnya dari jeratan penipuan.



“Sudah saatnya perusahaan media sosial dan telepon mengambil tanggung jawab finansial atas meningkatnya tingkat penipuan yang terjadi di platform mereka,” kata Davis.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1171 seconds (0.1#10.140)