Stasiun Pengisian Daya di Tempat Umum Rawan Malware dan Juice Jacking

Selasa, 11 April 2023 - 20:55 WIB
loading...
A A A
Menurut data Cybersecurity Ventures, program ini adalah bagian dari sektor kejahatan dunia maya yang lebih luas, yang diproyeksikan menyebabkan kerusakan keuangan global sekitar $ 10,5 triliun pada tahun 2025.

"Serangan dunia maya dapat menyebabkan kerusakan reputasi dan keuangan bagi pengguna. Biaya rata-rata global untuk pelanggaran data pada tahun 2022 adalah $4.35 juta, naik dari $4.24 juta dari tahun sebelumnya," tulis laporan Biaya Pelanggaran Data IBM.



FBI memiliki panduan serupa di situs webnya, yang mencakup berbagai topik tentang keamanan internet, termasuk peringatan agar tidak melakukan transaksi sensitif di jaringan Wi-Fi publik.

Baru-baru ini, Komisi Komunikasi Federal juga memperingatkan, bahwa penjahat cyber dapat memperoleh akses ke akun online dan bahkan menjualnya di web gelap melalui juice jacking.

"Pakar keamanan cyber telah memperingatkan bahwa penjahat dapat memuat malware ke stasiun pengisian USB publik untuk mengakses perangkat elektronik dengan jahat saat mereka sedang di isi. Malware yang dipasang melalui port USB kotor dapat mengunci perangkat atau mengekspor data pribadi dan kata sandi," pungkasnya.
(san)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.2641 seconds (0.1#10.140)