Stasiun Pengisian Daya di Tempat Umum Rawan Malware dan Juice Jacking

Selasa, 11 April 2023 - 20:55 WIB
loading...
Stasiun Pengisian Daya di Tempat Umum Rawan Malware dan Juice Jacking
Ilustrasi pengisian daya gratis di tempat umum. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Stasiun pengisian umum perangkat elektronik merupakan pintu gerbang bagi kejahatan cyber. Hal ini diungkapkan Departemen Denver, lembaga penegak hukum AS, di Twitter.

Dilansir dari The Nasional, FBI juga telah memperingatkan penggunaan pengisian umum untuk perangkat elektronik.

"Hindari menggunakan stasiun pengisian gratis di bandara, hotel atau pusat perbelanjaan. Aktor jahat telah menemukan cara untuk menggunakan port USB publik untuk memperkenalkan malware dan perangkat lunak pemantauan ke perangkat," kata FBI, dikutip dari The Nasional, Selasa (11/4/2023).



Solusinya adalah, membawa pengisi daya dan kabel USB sendiri dan gunakan stopkontak listrik sebagai gantinya.

"Stasiun pengisian daya telah ada di mana-mana di ruang publik, termasuk mal, hotel, restoran, dan taman. Hal ini memberikan pengguna cara yang nyaman untuk menyalakan perangkat mereka," jelasnya.

Namun, praktik ini telah membuka jalan bagi apa yang disebut juice jacking, yang berarti menggunakan koneksi USB untuk membahayakan perangkat.

"Selain membawa peralatan pengisian daya pribadi, disarankan juga untuk merencanakan ke depan dan mengisi daya perangkat sebelum melangkah keluar untuk mencegah risiko dunia maya," sambungnya.



Malware, sebuah program yang biasanya dirancang untuk mengganggu atau mendapatkan akses tidak sah ke dalam sistem, merupakan salah satu ancaman terbesar dalam industri TI.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2552 seconds (0.1#10.140)