Deretan HP Buatan Rusia, Dijamin Anda Tidak Pernah Dengar Namanya

Selasa, 04 April 2023 - 22:27 WIB
loading...
Deretan HP Buatan Rusia,...
HP buatan Rusia ternyata ada banyak merek dan model, meski sebagian sudah bangkrut. Foto: TechCrunch
A A A
RUSIA - Deretan HP buatan Rusia penting untuk dipahami. Selama ini, Rusia terkenal mahir dalam merancang kendaraan tempur hingga senapan serbu Avtomat Kalashnikova (AK-47) . Namun, siapa sangka bahwa negara yang dipimpin oleh Vladimir Putin itu juga tak kalah jago dalam membuat perangkat HP.

Dan menariknya, ada cukup banyak HP buatan Rusia yang tentunya mengusung spesifikasi jempolan.

Sebagian besar laku di tangan warga negaranya sendiri. Lantas apa saja HP buatan Rusia? Berikut daftarnya, melansir dari berbagai sumber, Senin (3/4):

YotaPhone

Deretan HP Buatan Rusia, Dijamin Anda Tidak Pernah Dengar Namanya

Yota adalah penyedia layanan broadband seluler Rusia sekaligus produsen perangkat HP. Perusahaan Rusia ini dikenal dengan perangkat Android-nya yang disebut Yotaphone. Ini adalah smartphone dengan dua layar.

Layar kedua dari perangkat ini ada di bagian belakang perangkat, di mana sebagian besar ponsel lain memiliki penutup baterai. Peluncuran terakhir Yota Devices adalah YotaPhone 2. Ponsel ini diluncurkan pada Februari 2014.

Yota hadir dengan layar sentuh 5,00 inci dengan resolusi 1080 piksel kali 1920 piksel dengan PPI 442 piksel per inci. Perangkat Yota YotaPhone 2 ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 800 quad-core 2.2GHz dan dilengkapi dengan RAM 2GB.

Menyangkut kamera, Yota Devices YotaPhone 2 mengemas kamera utama 8 megapiksel di bagian belakang dan penembak depan 2 megapiksel untuk selfie.

Perangkat Yota YotaPhone 2 menjalankan Android 4.4 dan ditenagai oleh baterai 2.500 mAh yang tidak dapat dilepas. Ukurannya 144.00 x 69.50 x 8.90 (tinggi x lebar x tebal) dan berat 140.00 gram.

Yandex Phone

Deretan HP Buatan Rusia, Dijamin Anda Tidak Pernah Dengar Namanya

Yandex dimulai pada 1990-an sebagai mesin pencari yang mirip Google, tetapi sejak itu diperluas ke setiap sudut internet Rusia dengan aplikasi yang digunakan orang Rusia setiap hari.

Pada 2018, Yandex meluncurkan HP pertamanya. HP tersebut diluncurkan pada Desember 2018. HP ini hadir dengan layar touchscreen 5,65 inci dengan resolusi 1080 piksel kali 2160 piksel.

Muncul dengan 4GB RAM, HP ini mengemas penyimpanan internal 64GB yang dapat diperluas melalui kartu microSD. Yandex Phone menggunakan kamera utama 16 megapiksel + 5 megapiksel di bagian belakang dan kamera depan 5 megapiksel untuk selfie.

OS-nya memakai Android 8.1 dan ditenagai baterai 3050mAh. Pilihan konektivitas yang ditawarkan termasuk Wi-Fi, GPS, Bluetooth, NFC, USB Type-C, 3G dan 4G.

BQ
Deretan HP Buatan Rusia, Dijamin Anda Tidak Pernah Dengar Namanya

BQ merupakan merek teknologi dan elektronik asal Rusia. Pada 2022 lalu, BQ merilis 6868L Wide yang memiliki beberapa fitur penting di dalamnya. Diantaranya, layar besar tanpa bingkai, baterai besar, memori besar, dan desain orisinal.

Selain itu, iBQ 6868L Wide axalah salah satu model paling terjangkau saat ini di pasar Rusia. BQ 6868L ia menampilkan layar IPS tanpa bingkai 6,8 inci dengan rasio aspek 20:9. Pada lubang kecil di bagian tengah atas layar, terdapat kamera 8 MP.

Dalam menopang performanya, dilengkapi chip Unisoc Tiger T310. Chip tersebut diproduksi menggunakan teknologi 12 nanometer dan menghemat 20% energi dibandingkan dengan prosesor octa-core untuk segmen mainstream.

Chip dipasangkan dengan memori dan ukuran penyimpanan yang berbeda. Misalnya, pelanggan dapat memilih dari kombinasi penyimpanan 3 GB + 32GB atau 4GB + 64GB. Namun, memori dapat diperluas hingga 128GB melalui slot kartu microSD.

Baca Juga: Hati-hati Modus Kejahatan Permintaan Unduh File APK Fiktif Telkomsel

Taiga

Deretan HP Buatan Rusia, Dijamin Anda Tidak Pernah Dengar Namanya

Taiga merupakan HP asal Rusia yang dirilis pada 2017 silam. Taiga dirancang sebagai smartphone yang bisa membatasi aplikasi untuk mengakses data pribadi penggunanya termasuk email, foto, serta lokasi.

Saat pertama diluncurkan, Taiga tidak dijual bebas. Hanya tersedia 50 ribu unit untuk pegawai negeri sipil Rusia. HP ini berjalan di sistem operasi Android dengan tampilan antarmuka ditanamkan firmware yang direncang sendiri oleh tim InfoWatch.

Highscreen

Highscreen adalah merek elektronik konsumen yang berbasis di Rusia yang didirikan pada 1990. Penawaran HighScreen di komputer, laptop, periferal, dan HP dengan budget murah. Smartphone pertama Highscreen muncul di pasar Rusia pada 2009.

Saat ini, merek tersebut melakukan semua bisnisnya di wilayah Rusia. Selama beberapa tahun terakhir, Highscreen mendapatkan respons yang baik dari pelanggannyadiRusia.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1277 seconds (0.1#10.140)