Tips Memilih TWS dari yang Termurah hingga Termahal

Senin, 20 Maret 2023 - 14:16 WIB
loading...
Tips Memilih TWS dari yang Termurah hingga Termahal
Tips memilih TWS mulai dari ratusan ribu hingga jutaan penting untuk dipahami. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Tips memilih TWS penting dipahami, sebab saat ini ada banyak sekali pilihan menarik dipasaran. Tapi, juga bikin konsumen kebingungan. Mana TWS yang paling tepat buat mereka?

TWS (True Wireless Stereo) adalah earphone nirkabel (tidak memiliki kabel). TWS terdiri dari dua buah earphone yang dapat digunakan secara mandiri dan dihubungkan ke perangkat lain melalui teknologi Bluetooth. Biasanya, TWS dilengkapi case pengisian baterai yang juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan perlindungan earphone.

Ada banyak keunggulan TWS dibandingkan earphone kabel biasa. Misalnya, lebih praktis karena tidak ada kabel panjang yang mengganggu dan menghalangi gerakan saat digunakan. TWS juga punya ukuran lebih praktis dan portabel, mudah dibawa-bawa.

Lalu, kualitas suara dan teknologi TWS juga sangat baik. Sebab, sudah dilengkapi driver speaker lebih besar serta teknologi pengurangan kebisingan (noise-cancelling). Termasuk juga fitur kontrol sentuh, pengaturan transparan (ambient mode), tahan air dan keringat, serta asisten suara. Terakhir, tampilan TWS juga sangat stylish.

Nah, agar tidak bingung, berikut 10 tips memilih TWS (True Wireless Stereo) di harga murah, menengah, dan mahal:

1. Tips untuk TWS Harga Murah:

TWS murah SINDONews batasi hingga Rp400 ribuan. Opsinya sangat banyak dan beragam. Dan beberapa sudah punya kualitas suara yang mumpuni. Berikut cara memilihnya:

a. Cek spesifikasi driver speaker TWS. Semakin besar ukuran driver speaker, semakin baik kualitas suara yang dihasilkan.
b. Pastikan daya tahan baterai cukup lama, minimal 4 jam pemakaian tanpa henti dan dengan case pengisian baterai yang memadai.
c. Periksa apakah TWS dilengkapi dengan fitur pengontrol suara (voice control) seperti Alexa atau Google Assistant.
d. Biasanya TWS terjangkau belum memiliki Noise-Cancelling untuk menekan suara bising di sekitar Anda. Tapi tidak apa-apa, sebagai gantinya, pilih TWS yang memiliki desain yang bisa menutup ruang telinga.

2. Tips untuk TWS Harga Menengah:

TWS di kelas menengah di harga Rp400 ribu-Rp1 jutaan adalah opsi terbaik. Karena harganya tidak terlalu mahal, tapi sudah banyak yang menawarkan fitur lengkap. Misalnya, noise cancelling, mode transparan (ambient mode), mode Game, dan EQ (equalizer) yang dapat disesuaikan. Berikut yang perlu diperhatikan:

a. Cek kualitas mikrofon TWS, apakah cukup baik untuk melakukan panggilan atau konferensi video.
b. Pastikan TWS memiliki fitur bantuan suara, seperti peringatan baterai rendah dan notifikasi panggilan masuk.
c. Pastikan TWS memiliki tingkat tahan air dan debu yang cukup baik untuk penggunaan sehari-hari dan aktivitas olahraga ringan.
d. Cek review dan testimoni dari pengguna lain untuk memastikan kualitas dan performa TWS.


3. Tips untuk TWS Harga Mahal:
Tips Memilih TWS dari yang Termurah hingga Termahal

TWS dengan harga Rp1 jutaaan keatas biasanya diperuntukkan oleh orang-orang yang sangat peduli dengan kualitas audio, yang sudah pernah menggunakan beberapa merek TWS sebelumnya, yang butuh kualitas suara jernih (karena aktif meeting online), dan penggemar brand tertentu.

TWS premium diatas Rpdilengkapi dengan fitur-fitur high-end, seperti teknologi noise-cancelling aktif (ANC) yang sangat baik dan codec audio berkualitas tinggi seperti aptX HD atau LDAC. Berikut tipsnya:

a. Pastikan TWS memiliki kualitas suara yang sangat baik dan dapat menghasilkan suara yang jernih dan terperinci di semua frekuensi.
b. Pastikan TWS dilengkapi dengan case pengisian baterai yang cukup cepat dan dapat diisi ulang secara nirkabel.
c. Pastikan TWS memiliki fitur-fitur khusus seperti kontrol sentuh multifungsi, fitur pengaturan tajam (soundstage), dan fitur custom EQ yang dapat disesuaikan dengan preferensi suara Anda.
d. Pastikan TWS memiliki desain yang estetis dan nyaman digunakan untuk jangka waktu yang lama.
e. Ada baiknya memilih TWS yang sesuai dengan HP yang Anda gunakan, misalnya pengguna Samsung menggunakan Galaxy Buds. Atau, memang memakai TWS lansiran perusahaan yang memang berfokus ke audio seperti Marshall atauJabra.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6174 seconds (0.1#10.140)