Mengenal Astrofoto, Tren Memotret Benda Langit Menggunakan HP

Rabu, 08 Maret 2023 - 22:00 WIB
loading...
Mengenal Astrofoto, Tren Memotret Benda Langit Menggunakan HP
Smartphone premium seperti Galaxy S23 Ultra dibekali fitur unik astrofoto untuk merekam benda-benda langit. Foto: dok Samsung
A A A
JAKARTA - Istilah astrofoto belakangan jadi viral di media sosial. Sebab, kamera HP premium kini bisa digunakan untuk merekam astrofoto. Tapi, apa sebenarnya astrofoto? Astrofoto adalah istilah yang mengacu pada fotografi astronomi . Yakni, praktik mengambil gambar benda-benda di langit seperti planet, bintang, galaksi, nebula, dan objek langit lainnya.

Dulu, astrofotografer menggunakan teleskop dan kamera khusus yang dirancang untuk menangkap citra yang sangat terperinci dari objek-objek ini. Tapi, dengan kemajuan teknologi di smartphone, kini astrofoto bisa dilakukan lewat kamera HP. Meski, memang butuh trik dan kondisi tertentu.

Mengenal Astrofoto, Tren Memotret Benda Langit Menggunakan HP

Mobile Experience Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus menyebut, Adaptive Pixel 200MP di Galaxy S23 Ultra 5G mampu menangkap foto dan video dengan detail luar biasa.

”Termasuk di kondisi sulit seperti saat menonton konser, outdoor activity, atau hunting foto perkotaan di siang dan malam hari. Ini karena dukungan teknologi seperti Tetra2pixel untuk menghadapi berbagai situasi pencahayaan serta mode HDR di resolusi 50MP. Hal tersebut menegaskan bahwa kehadiran Adaptive Pixel 200MP bukan gimmick, namun inovasi yang meningkatkan pengalaman hunting foto maupun video,” beber Verry.

Fitur Bawaan Kamera
Mengenal Astrofoto, Tren Memotret Benda Langit Menggunakan HP

HP keluaran terbaru seperti Samsung Galaxy S23 Ultra yang dibekali kamera 200 MP bahkan sudah memiliki fitur khusus yang disebut Astrography. Bahkan, ada dua fitur yang bisa dipakai.

Pertama, mode “Astrophoto” di fitur Expert RAW untuk memotret benda langit seperti bintang. Dan kedua AstroHyperlapse yang fungsinya untuk merekam jejak bintang di langit.

Verry mengatakan, pengguna hanya perlu memilih menu Expert RAW di kamera Galaxy S23 Ultra. Kemudian, mengarahkan kamera di langit.

“Nantinya akan melihat ikon seperti rasi bintang (Astrophography). Tinggal di klik. Untuk durasi pemotretan antara 4 menit-10 menit. Pengguna juga bisa mengatur jenis kamera, fokus, hingga bukaannya,” ungkap Verry.

Sejumlah pengguna sudah memamerkan hasil astrophoto menggunakan Galaxy S23 di media sosial. Salah satunya adalah fotografer Michael Shainblum. Hasilnya bintang-bintang yang ditangkap di foto terlihat sangat jelas dan jernih. Seperti diambil dari kamera profesional.


Minim Polusi Cahaya

Tentu saja, merekam astrophoto di smartphone Galaxy S23 Ultra tidak semudah yang dibayangkan. Situs seperti Tom’s Guide menyebut bahwa untuk mendapatkan hasil astrophoto terbaik memang butuh beberapa kondisi.

Pertama, pengguna disarankan memakai tripod untuk membuat HP tetap stabil saat memotret. Kedua, mereka harus pergi ke tempat yang minim polusi cahaya. Artinya, tempat-tempat yang gelap dan terpencil akan lebih baik.

Lalu, untuk mendapatkan hasil terbaik, pastikan untuk bereksperimen dengan lensa yang dipakai, bukaan, shutter, dan lainnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1389 seconds (0.1#10.140)