Galaxy S23 dan S23+ Disebut Miliki Fitur Kamera Pro Grade, Buat Apa?

Senin, 06 Maret 2023 - 22:20 WIB
loading...
Galaxy S23 dan S23+ Disebut Miliki Fitur Kamera Pro Grade, Buat Apa?
Galaxy S23 dan S23+ diklaim memiliki kamera pro-grade untuk memotret maupun merekam video. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Samsung mengklaim lini seri Galaxy S23 punya fitur kamera pro grade. Tidak hanya S23 Ultra , tapi juga varian Galaxy S23 dan S23+. Apa fungsinya?

Berbeda dengan S23 Ultra yang punya 4 kamera dengan 200 MP, Samsung Galaxy S23 dan Samsung Galaxy S23 Plus masing-masing dibekali 3 kamera belakang.

Ketiga kamera tersebut antara lain 50 MP (f/1.8), 12 MP (f/2.2, ultrawide), dan 10 MP (f/2.4, telephoto). Adapun kamera depannya sama, yakni memiliki resolusi 12 MP (f/2.2).

Klaim Samsung, walau tidak punya kamera 200 MP, tapi Samsung Galaxy S23 dan Samsung Galaxy S23 Plus juga mengusung kamera level pro-grade.
Nah, berikut fitur pro grade kamera di Galaxy S23 dan Galaxy S23+:

1. Dual Pixel
Galaxy S23 dan S23+ Disebut Miliki Fitur Kamera Pro Grade, Buat Apa?

MX Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia Verry Octavianus mengatakan, fitur Dual Pixel membuat seluruh piksel di dalam sensor gambar pada kamera punya dua fungsi sekaligus. Yakni autofocus dan ‘penyerapan’ warna.

“Jadi, kamera mampu menjalankan fungsi autofocus lebih cepat dan akurat. Namun, tetap mempertahankan kualitas warna dan detail pada foto,” ujar Verry. Dampaknya, menurut Verry saat merekam foto Portrait. “Hasilnya lebih tajam,”.

Dual pixel diklaim mampu menampilkan lebih banyak warna, fokus lebih akurat, serta menjaga detail.

2. AI Stereo Depth
Penggunaan Snapdragon Gen 2 for Galaxy berdampak pada kualitas pemrosesan AI di kamera. Yang berpengaruh juga dalam hasil foto. Menurut Verry, hasil optimalisasi sensor gambar dan pemrosesan AI membuat bokeh di foto Portrait jadi lebih halus. “Tidak hanya wajahnya, tapi juga rambut pun ikun buram,” ungkap Verry.

AI Stereo Depth Map mampu membantu kamera memetakan mana elemen yang harus tampil lebih fokus dan mana elemen yang harus diburamkan. Bahkan, tingkat keburaman (bokeh) foto bisa diatur seperti Studio, High-key dan Low-key Mono, dan Backdrop.

3. Super HDR
Galaxy S23 dan S23+ Disebut Miliki Fitur Kamera Pro Grade, Buat Apa?

Fitur super HDR ada di kamera depan 12 MP S23 5G dan S23+ 5G. Gunanya untuk membuat selfie jadi lebih tajam. Menurut fotografer Nicoline Patricia Malina, Super HDR memudahkan untuk membuat konten fashion yang lebih detail dan aestetik. “Terutama ke hal-hal yang butuh detail tinggi seperti aksesori,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2185 seconds (0.1#10.140)