7 Startup Unicorn di Indonesia, Ada yang Valuasinya Tembus Rp45 Triliun

Kamis, 16 Februari 2023 - 13:45 WIB
loading...
7 Startup Unicorn di Indonesia, Ada yang Valuasinya Tembus Rp45 Triliun
Startup Unicorn merupakan sebuah perusahaan swasta yang memiliki valuasi lebih dari USD1 miliar. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Startup Unicorn merupakan sebuah perusahaan swasta yang memiliki valuasi lebih dari USD1 miliar. Beberapa perusahaan swasta tersebut ternyata ada di Indonesia.

Di Indonesia, perkembangan startup hingga saat ini sedang sangat gencar persaingannya. Terlebih dengan adanya dukungan pemerintah yang menargetkan 1000 startup baru yang harus tumbuh.

Dari sekian banyaknya unicorn yang ada di seluruh dunia, terdapat sejumlah Startup Indonesia yang masuk dalam daftarnya.

Baca juga : Sempat Ditutup BI, Startup Ini Masuk Daftar LinkedIn Top Startup List!

Berikut tujuh nama startup unicorn Indonesia dan rinciannya.

1. J&T Express

J&T Express merupakan perusahaan bergerak di bidang logistik yang didirikan pada tahun 2015. Perusahaan yang satu ini baru-baru ini masuk dalam daftar unicorn versi CB insight.

Berdasarkan data dari CBinsight saat ini Traveloka telah memiliki valuasi sebesar USD20 miliar atau setara dengan Rp 303 triliun.

2. Traveloka

Traveloka adalah perusahaan yang bergerak di bidang travel dan pemesanan hotel. Perusahaan ini telah mendapatkan title unicorn pada tahun 2017 lalu karena adanya kucuran dana dari investor Amerika sebesar USD350 juta.

Berdasarkan data dari CBinsight saat ini Traveloka telah memiliki valuasi sebesar USD3 miliar atau setara dengan Rp 45 triliun.

3. Akulaku

Akulaku didirikan pada tahun 2014. Perusahaan ini bergerak di bidang keuangan dan teknologi yang memberikan layanan pembiayaan.

Berdasarkan data CBinsight, Akulaku saat ini memiliki nilai nilai valuasi sebesar USD2 miliar atau setara dengan Rp 28 triliun.

4. Dana

Dana didirikan pada tahun 2018. Perusahaan yang satu ini bergerak dibidang layanan keuangan sebagai dompet digital.

Berdasarkan data CBinsight, Akulaku saat ini memiliki nilai nilai valuasi sebesar USD1,13 miliar atau setara dengan Rp 17 triliun.

Baca juga : Startup Menolak Tumbang

5. Xendit

Xendit didirikan pada tahun 2015. Perusahaan ini bergerak dalam bidang layanan sistem pembayaran untuk mempermudah transaksi pelaku bisnis.

Berdasarkan data dari CBinsight saat ini Traveloka telah memiliki valuasi sebesar USD1 miliar atau setara dengan Rp 15 triliun.

6. Ajaib

Startup Ajaib didirikan pada tahun 1989. Perusahaan ini sudah berdiri lama yang bergerak dalam bidang investasi, yakni reksa dana dan saham.

Berdasarkan data dari CBinsight saat ini Traveloka telah memiliki valuasi yang sama besarnya dengan Xendit yakni USD 1 miliar dollar atau setara dengan Rp 45 triliun.

7. Kopi Kenangan

Terbaru adalah Kopi Kenangan, perusahaan yang berkembang di bidang kuliner berdiri pada tahun 2021 lalu.

Sama seperti Xendit dan Ajaib, berdasarkan data CBinsight, Kopi kenangan telah memiliki valuasi sebesar USD1 miliar dollar atau setara dengan Rp45 triliun.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1075 seconds (0.1#10.140)