Cara Memperbaiki Motion Blur di Game PC Agar Bisa Lebih Fokus

Minggu, 05 Februari 2023 - 08:40 WIB
loading...
A A A
4. Aktifkan Black Frame Insertion

Salah satu penyebab utama di balik gerakan buram adalah cara panel modern menampilkan gambar. Layar panel datar menggambar dan menahan gambar dengan sempurna hingga bingkai berikutnya siap, teknik yang disebut “sampel-dan-tahan”, yang membingungkan mata kita saat mengharapkan transisi yang lebih alami.

Beberapa monitor dan televisi berusaha mengatasi masalah ini dengan teknologi yang disebut Black Frame Insertion. BFI menambahkan bingkai hitam penuh di antara bingkai normal dan mengelabui otak Anda ke dalam persepsi gerakan fluida.

Tetapi, BFI dapat merusak kecerahan gambar, jadi Anda mungkin perlu mengubah pengaturan kecerahan untuk memperhitungkannya. Beberapa tampilan akan memperhitungkan hilangnya kecerahan dan mengkompensasi sesuai saat Anda mengaktifkan BFI.

5. Aktifkan Respon Time Tweaks

Penyebab umum lainnya dari gerakan yang buram adalah waktu respons yang buruk, yaitu jumlah waktu yang dibutuhkan piksel untuk berubah warna. Biasanya diukur sebagai yang diperlukan untuk beralih dari hitam ke putih.

Waktu respons yang lebih tinggi berarti penundaan yang lebih lama karena piksel berubah warna, yang dapat menyebabkan ghosting, artefak, dan tingkat kekaburan yang lebih tinggi.

Beberapa tampilan akan menyertakan pengaturan Overdrive yang akan membantu meningkatkan waktu respons. Meski mengaktifkannya juga dapat memperkenalkan kemungkinan ghosting terbalik.

Hal ini terjadi ketika sebuah piksel melampaui keteduhan yang dituju dan harus mundur, meninggalkan gambar yang terang di belakangnya. Jika tersedia, coba bereksperimen dengan berbagai tingkat Overdrive untuk menemukan kompromi terbaik antara pengurangan keburaman dan artefak ghosting terbalik.
(wbs)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2964 seconds (0.1#10.140)