Cara Memperbaiki Motion Blur di Game PC Agar Bisa Lebih Fokus

Minggu, 05 Februari 2023 - 08:40 WIB
loading...
Cara Memperbaiki Motion Blur di Game PC Agar Bisa Lebih Fokus
Cara Memperbaiki Motion Blur di Game PC. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Cara memperbaiki motion blur di game PC perlu diketahui demi pengalaman bermain yang lebih menyenangkan. Ada langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut demi menunjang permainan.



Dikutip dari PCMag, motion blur adalah salah satu pengaturan visual sangat mengganggu dalam game PC dan contoh utama dari itu adalah “fitur vs bug”. Di beberapa game, daya tariknya terlihat jelas.

Game balap dan jenis olahraga semacamnya memanfaatkan keburaman gerakan untuk meningkatkan kesan kecepatan yang luar biasa. Jika digunakan dengan tepat, maka fitur ini dapat meningkatkan drama dan intensitas beberapa momen dalam game.

Masalahnya adalah ketika motion blur muncul secara tidak sengaja, gambar buram dapat membuat tekstur terlihat kotor, mengurangi tingkat detail, dan bahkan membuat elemen tertentu dari dunia game atau antarmuka menjadi lebih sulit untuk diurai.

Dalam contoh terburuk, gerakan yang menjadi buram dapat mengurangi ketelitian visual game secara keseluruhan dan dapat berdampak negatif. Untungnya, ada sejumlah cara efektif mengatasi keburaman gerakan dan mengurangi atau menghilangkannya.

1. Mematikan Fitur Motion Blur dalam Game

Langkah pertama dan termudah untuk mengurangi blur adalah dengan melihat menu pengaturan dalam game. Periksa di bawah tampilan atau grafik untuk pengaturan motion blur.

Namun, pada beberapa game mungkin mengharuskan Anda untuk melihat di submenu Pengaturan Lanjutan. Banyak game modern juga menawarkan opsi bertahap untuk motion blur daripada toggle biner.

Ada juga pengaturan terkait yang dapat menghasilkan efek yang mirip dengan gerakan buram. Misalnya Depth of field, dapat menciptakan keburaman di bidang dekat atau jauh dari gambar yang mirip dengan keburaman yang ditemukan dari gerakan berkecepatan tinggi.

Itu selalu merupakan ide bagus untuk melihat-lihat menu pengaturan tampilan dan grafik game PC untuk menyempurnakan gambar dan membantu menemukan keseimbangan optimal antara fidelitas dan kinerja.

2. Tingkatkan Frame Rate

Berbicara tentang performa, meningkatkan frekuensi gambar game juga dapat membantu mengatasi blur. Frame rate yang lebih tinggi memiliki sejumlah keuntungan, mulai dari berkurangnya ketegangan mata hingga gambar yang lebih mulus.

Salah satu keuntungan dari meningkatkan frame rate adalah pengurangan keburaman gerakan yang tidak disengaja. Jika perangkat mendukung, kecepatan refresh maksimum monitor game sangat direkomendaiskan.

Pendekatan terbaik adalah melalui pengaturan satu per satu dan melihat seberapa besar pengaruhnya terhadap tampilan game yang sebenarnya. Knock down pengaturan di mana tidak terlihat banyak perbedaan visual, atau yang memiliki efek tertinggi pada kinerja.

Sebagian besar pengaturan, seperti kualitas tekstur, jarak gambar, atau anti-aliasing, akan memberikan beberapa opsi. Jadi, Anda hanya perlu menemukan yang terendah yang dapat digunakan pada setiap kategori.

Ingatlah bahwa jika pada akhirnya memutuskan meningkatkan kecepatan frame rate, Anda mungkin akan mengalami masalah pada grafis. Dalam hal ini, pastikan Anda juga mengaktifkan V-sync saat Anda bermain-main dengan opsi grafis game.

3. Naikkan Refresh Rate

Pendamping untuk mencapai frekuensi gambar yang lebih tinggi dalam game adalah memastikan mencocokkannya dengan tampilan. Panel kecepatan refresh yang tinggi tidak akan menunjukkan banyak perbedaan dari tampilan refresh yang lebih rendah jika tidak mengaktifkan kecepatan yang lebih tinggi di Windows.

Anda dapat menemukan pengaturan kecepatan refresh pada monitor atau TV jika mengklik kanan pada desktop dan memilih Pengaturan Tampilan, lalu pilih Pengaturan tampilan lanjutan di bagian bawah menu. Anda kemudian dapat mengatur kecepatan refresh dari menu drop-down di bagian bawah.

4. Aktifkan Black Frame Insertion

Salah satu penyebab utama di balik gerakan buram adalah cara panel modern menampilkan gambar. Layar panel datar menggambar dan menahan gambar dengan sempurna hingga bingkai berikutnya siap, teknik yang disebut “sampel-dan-tahan”, yang membingungkan mata kita saat mengharapkan transisi yang lebih alami.

Beberapa monitor dan televisi berusaha mengatasi masalah ini dengan teknologi yang disebut Black Frame Insertion. BFI menambahkan bingkai hitam penuh di antara bingkai normal dan mengelabui otak Anda ke dalam persepsi gerakan fluida.

Tetapi, BFI dapat merusak kecerahan gambar, jadi Anda mungkin perlu mengubah pengaturan kecerahan untuk memperhitungkannya. Beberapa tampilan akan memperhitungkan hilangnya kecerahan dan mengkompensasi sesuai saat Anda mengaktifkan BFI.

5. Aktifkan Respon Time Tweaks

Penyebab umum lainnya dari gerakan yang buram adalah waktu respons yang buruk, yaitu jumlah waktu yang dibutuhkan piksel untuk berubah warna. Biasanya diukur sebagai yang diperlukan untuk beralih dari hitam ke putih.

Waktu respons yang lebih tinggi berarti penundaan yang lebih lama karena piksel berubah warna, yang dapat menyebabkan ghosting, artefak, dan tingkat kekaburan yang lebih tinggi.

Beberapa tampilan akan menyertakan pengaturan Overdrive yang akan membantu meningkatkan waktu respons. Meski mengaktifkannya juga dapat memperkenalkan kemungkinan ghosting terbalik.

Hal ini terjadi ketika sebuah piksel melampaui keteduhan yang dituju dan harus mundur, meninggalkan gambar yang terang di belakangnya. Jika tersedia, coba bereksperimen dengan berbagai tingkat Overdrive untuk menemukan kompromi terbaik antara pengurangan keburaman dan artefak ghosting terbalik.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1008 seconds (0.1#10.140)