Tips Belanja Online Aman Jelang Musim Liburan Akhir Tahun

Rabu, 14 Desember 2022 - 21:12 WIB
Banyak penyerang memanfaatkan celah kecerobohan konsumen dalam berbelanja online di akhir tahun. Foto: dok Kaspersky
JAKARTA - Jelang akhir tahun, kegiatan belanja online konsumen meningkat drastis. Tapi, hal tersebut juga jadi sasaran para penipu online, phisher, dan carder.

Mereka tidak hanya memanfaatkan konsumen yang ceroboh dan mengincar diskon/potongan harga besar, tapi juga mencari celah untuk menargetkan akun pengguna di layanan e-commerce.

Tujuannya, untuk mendapatkan akses ke kartu pembayaran yang ditautkan ke akun konsumen. Nah, berikut tips yang membantu melindungi data dan uang Anda saat berbelanja online dilansir dari web Kaspersky:

1. Gunakan kata sandi yang kuat

Semakin panjang kombinasi Anda, semakin kecil kemungkinan penjahat dunia maya untuk mengambilnya. Gunakan setidaknya 10 karakter, bahkan untuk akun yang tidak begitu penting sekalipun.



Hindari pula kebiasaan menggunakan kata sandi yang sama untuk beberapa situs. Setelah mengambil kredensial untuk satu akun, penjahat dunia maya tidak mungkin berhenti

2. Gunakan VPN saat terhubung ke jaringan publik

Koneksi aman VPN mengenkripsi semua lalu lintas informasi, sehingga dapat mencegah penyerang menyadap kredensial masuk dan detail pembayaran.

3. Hindari menautkan kartu bank (debit maupun kredit) ke akun belanja online
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More