Tiket Naik Rp750 Ribu, Ini Cara Melihat Stupa Candi Borobudur Secara Virtual

Senin, 06 Juni 2022 - 11:19 WIB
Sejak 2015, Google sudah merekam setiap sudut Candi Borobudur lewat Google Earth. Foto: Google Maps
JAKARTA - Kenaikan harga tarif tiket mengunjungi stupa Candi Borobudur sebesar Rp750 ribu untuk turis domestik menimbulkan pro dan kontra di masyarakat. Sebagian menilai terlalu mahal. Namun, sebagian lagi setuju hal itu sebagai cara efektif untuk membatasi pengunjung serta merawat Candi Borobudur.

Sebenarnya, sejak 2015 masyarakat Indonesia bisa mengunjungi kawasan wisata Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah secara virtual melalui Google Earth. Bahkan, sebenarnya beberapa obyek wisata lainnya seperti Candi Prambanan, Kompleks Ratu Boko maupun Museum Nasional di Jakarta juga bisa diakses menggunakan Google Earth.



Nah, berikut cara “menaiki” Stupa Candi Borobudur secara virtual lewat Google Earth:

a. Buka Google Earth: https://earth.google.com.



b. Ketikkan kata pencarian Candi Borobudur. Disini Anda akan dibawah ke Candi Borobudur di Google Earth dari atas.

c. Klik logo orang di sudut kanan bawah, tepat diatas globe. Lalu, klik titik di peta tempat dimana Anda ingin menjelajah.

d. Nah, Anda bisa mengarahkan sudut pandang sesuai keinginan, juga berjalan dengan mengikuti anak panah ke arah Stupa Candi Borobudur hingga puncaknya.

Seperti diketahui, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan perubahan tarif pada daerah wisata Candi Borobudur.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More