8 Keunggulan WhatsApp Dibandingkan Telegram di Indonesia

Jum'at, 03 Juni 2022 - 09:54 WIB
Keunggulan WhatsApp dibandingkan Telegram penting diketahui untuk memutuskan mana media sosial yang lebih banyak Anda gunakan. Foto: ist
JAKARTA - Keunggulan WhatsApp dibanding Telegram cukup banyak, terutama di Indonesia dimana mayoritas pengguna layanan online messenger memilih WhatsApp.

WhatsApp dan Telegram adalah dua aplikasi perpesanan lintas platform yang sangat populer. Kedua aplikasi tersebut dirancang untuk mengirim pesan instan sambil menjaga privasi, serta dibekali berbagai fitur yang diperlukan. Misalnya mengirim video, foto, suara, melakukan panggilan telepon, dan lainnya.

WhatsApp dan Telegram pada awalnya mungkin tampak serupa. Namun, ada alasan mengapa WhatsApp lebih populer di Indonesia dibandingkan Telegram. Nah berikut keunggulan WhatsApp dibanding Telegram:

1. Enkripsi End-to-End, WhatsApp Lebih Aman

Privasi dan keamanan data menjadi isu penting saat menggunakan aplikasi komunikasi. WhatsApp menjamin pesan yang dikirim dan diterima memakai enkripsi end-to-end sehingga hampir tidak mungkin untuk dibaca orang lain. Jadi, keamanan WhatsApp lebih terjamin. Adapun Telegram sering diterpa isu keamanan. Enkripsi end-to-end hanya terjadi ketika pengguna mengaktifkan fitur Secret Chat.



2. Lebih Banyak Pengguna WhatsApp di Indonesia

WhatsApp sudah jadi layanan komunikasi populer bahkan saat sebagian besar pengguna di Indonesia masih menggunakan BlackBerry Messenger. Karena itu, wajar begitu BlackBerry hancur, mayoritas pengguna di Indonesia beralih ke WhatsApp.

Di Indonesia, pengguna WhatsApp begitu dominan, sehingga tidak semua teman, saudara, atau rekan kerja memakai Telegram. Alhasil, Telegram digunakan untuk beberapa fungsi spesifik. Misalnya bergabung di grup atau komunitas tertentu. Sementara untuk komunikasi personal, WhatsApp jelas jadi pilihan utama.

3. Tampilan WhatsApp Lebih Sederhana
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More