5 Alasan Selot Audio Jack 3.5 Mm Tidak Lagi Penting di Ponsel

Sabtu, 04 September 2021 - 11:24 WIB


Saat ini TWS sudah jadi perangkat wajib yang dimiliki konsumen. Terutama mereka yang sekolah online, hingga kerja dirumah (WFH) dan aktif melakukan video call lewat Zoom meeting atau Google Meet.

TWS menjadi praktis lantaran tidak diribetkan dengan kabel. Bentuknya ringkas, mudah dibawa-bawa, dan tidak perlu menggulung-gulung kabel.

Selain itu, kualitas suara, fitur, dan latensi TWS sekarang sudah jauh lebih baik dibanding 2-3 tahun lalu.

TWS juga sangat praktis untuk ngegame, menonton, hingga berkomunikasi video. Apalagi lewat fitur isolasi suara yang jarang dimiliki headphone jack kabel.

Dan yang terpenting, harga TWS saat ini juga sangat terjangkau. Sudah bisa dibeli di Rp300 ribuan. Jika ingin kualitas lebih baik, TWS di rentang Rp800 ribuan sudah sangat cukup. Di harga Rp1 juta keatas, fitur dan kualitasnya tentu semakin baik.

Kembali ke pertanyaan awal, mengapa pabrikan ponsel semakin banyak yang tidak lagi menyematkan selot audio jack 3.5 mm di perangkat?

1. Teknologi Jadul

Audio jack adalah teknologi analog yang berusia lebih dari 50 tahun untuk menghantarkan gelombang audio. Ya, teknologi ini ditemukan pada 1950. Jadi memang sudah saatnya ”move on” dari teknologi ini. Ponsel dengan headphone jack, atau bahkan mengenakan earphone kabel di ponsel kedepannya akan terlihat “jadul” atau kuno.

2. Menjaga Desain Tipis dan Bersih
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More