Kunci Keberhasilan EPSON Sepanjang 20 Tahun Berkiprah di Indonesia

Kamis, 24 Desember 2020 - 12:09 WIB
Berbagai tantangan yang dilewati Epson, menjadikan perusahaan semakin kuat. Termasuk dalam masa pandemi saat ini, dimana hampir semua industri trennya mengalami penurunan. "Harus diakui kami terdampak juga dengan kondisi ini, terutama di awal masa pandemi atau periode April-Mei. Setelah periode tersebut bisnis kami mulai kembali tumbuh, hal ini adalah impact dari kegiatan atau komunikasi yang kami lakukan sehubungan dengan pandemi," ungkap Riswin

Dengan berbagai pengalaman dan dukungan SDM yang dimiliki, Epson beradaptasi dan melihat celah peluang yang ada. Tak patah arang dan bergantung pada kondisi, berbagai terobosan di masa pandemi dicari untuk bisa menggerakkan kembali pasar. "Kami mencoba beradaptasi, mencoba mengerti situasi dan kebutuhan apa yang mungkin terjadi dimasa pandemi. Sebagai contoh, walaupun kerja dan sekolah tatap muka tidak bisa dilakukan, tapi karyawan dan pelajar harus tetap melakukan aktivitas dari rumah, dimana kami melihan sebagai potensi untuk memberikan solusi dari kebutuhan tersebut," bebernya.

"Epson Indonesia meningkatkan komunikasi mengenai hal tersebut seperti Work from Home (WFH) dan school from home (SFH). Komunikasi yang dilakukan berbasis digital atau online melalui sosial media, iklan digital hingga email marketing. Disisi lain kami juga meningkatkan informasi melalu website, dimana kami membuat beberapa microsite khusus untuk memberikan informasi dan ilustrasi bagaimana menjalankan kegiatan dari rumah sesuai dengan campaign kami #StayProductive," kata Nolly Dhanurendra selaku Marketing Communication & PR Manager Epson Indonesia.

Nolly mengatakan, Untuk promosi pihaknya tetap melakukan pada dua paltform pasar, pertama adalah marketplace dimana Epson hadir di lima top e-commerce. Berkerjasama dengan partner, Epson memiliki official Store dimasing-masing e-commerce. "Berikutnya untuk retail (offline), Epson membuat terobosan dengan menggabungkan platform digital pada website untuk menghubungkan partner retail kami dengan konsumen melalui campaign Roadshow Online. Kami membuatkan microsite yang dapat menghubungkan konsumen dengan partner retail melalui koneksi langsung dari link digital pada website ke nomor WhatsApp, sehingga konsumen dengan mudah berkomunikasi untuk mendapatkan informasi atau program penjualan," jelasnya.

Epson di Indonesia tak hanya berfokus pada bisnis saja, tapi juga ingin berkontribusi bagi negeri. Terkait hal ini, Epson punya tiga bidang utama kegiatan CSR yang dilakukan, yakni pendidikan, lingkungan dan masyarakat (terutama yang kurang mampu). Dari ketiga kegiatan, Epson aktif melakukan donasi produk untuk sekolah, kepedulian terhadap lingkungan seperti budidaya Mangrove dan juga donasi untuk panti-panti asuhan. Hal ini sesuai dengan program SDG’s (Sustainable Development Goals) yang ditetapkan PBB dengan beberapa target seperti pengentasan kemiskinan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, dan pelestarian lingkungan.
(wbs)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More