Mengenal Android Go, OS Ringan dan Paling Irit di Galaxy A01 Core

Sabtu, 05 Desember 2020 - 12:10 WIB
Samsung Galaxy A01 Core adalah smartphone entry level yang hadir dengan sistem operasi Android Go dan prosesor Mediatek MT6739.
JAKARTA - Karena sangat ringan, Android Go memiliki sejumlah benefit. Mulai tidak terlalu banyak mengutilisasi hardware, memberikan ruang lebih besar untuk ponsel dengan memori internal kecil, membuka aplikasi lebih cepat, lebih irit baterai, serta mengonsumsi data yang lebih sedikit/hemat. . Padahal, jika digunakan dengan tepat, Android Go yang ringan, irit data, serta hemat daya justru bisa membawa banyak benefit.

Nah, Samsung Galaxy A01 Core adalah salah satu ponsel yang menggunakan Android Go. Ponsel ini hanya dibanderol Rp1.099.000. Dibekali layar 5.3” HD+ PLS Infinity Display, prosesor MediaTek MT6739 Quad-Core 1.5Ghz, kamera depan 5 MP, kamera belakang 8 MP, serta baterai 3.000 mAh.

Bisa dibilang Galaxy A01 Core ideal bagi mereka yang mencari ponsel entry level dengan harga terjangkau. Nah, apa saja keunggulan Android Go di Galaxy A01 Core?

Tidak Butuh Spesifikasi Tinggi

Android Go di optimalkan untuk bisa berjalan dengan mulus di smartphone dengan spesifikasi paling rendah sekalipun. Termasuk, ponsel dengan RAM 512 MB hingga 1 GB. Ini karena sistem operasi Android Go dirancang sangat ringan. Sebagai perbandingan, Android 7 (Nougat) yang dirilis 2016 silam memiliki spesifikasi minimum RAM 2 GB untuk berjalan dengan lancar.



Ukuran Aplikasi Android Go Kecil



Jika aplikasi Android normal berukuran 522 MB, maka versi Android Go hanya 80 MB saja. Jauh lebih kecil. Dampaknya, ponsel dengan memori internal 16 GB pun tidak cepat penuh. Beberapa aplikasinya, antara lain Google Go, YouTube Go, Gmail Go, Files Go, hingga Google Play Store. YouTube Go, misalnya, memiliki ukuran file hanya 9,4 MB-25 MB saja.

Fungsi Sama Saja
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More