Profil Colin Huang, Pendiri E-Commerce Temu yang Kini Jadi Orang Terkaya di China

Jum'at, 16 Agustus 2024 - 16:00 WIB
Sepanjang perjalanannya, Huang juga telah menarik protes dari para pemasok karena menekan harga dan menetapkan jadwal kerja yang berat bagi karyawannya sendiri.

“Ma dan Jeff Bezos telah menjadi pemimpin perusahaan pada masanya, tetapi zaman telah berubah dan Huang melihat kesuksesan besar dengan pendekatan yang berbeda,” kata Brock Silvers, direktur pelaksana di perusahaan ekuitas swasta Kaiyuan Capital.

Jenius Matematika

Tidak seperti Jack Ma, guru bahasa Inggris yang menjadi pendiri Alibaba, Huang mewakili generasi baru pengusaha teknologi China yang memulai karir mereka dengan peluang global.

Pada usia 12 tahun, bakat matematikanya yang luar biasa membuatnya mendapatkan tempat di Sekolah Bahasa Asing Hangzhou yang elit, di mana ia sekelas dengan anak-anak elit politik dan sosial China.

Setelah lulus dengan gelar ilmu komputer dari Universitas Zhejiang, ia meninggalkan China pada 2002 untuk mengejar gelar master di University of Wisconsin.

Dua tahun setelah lulus, ia kembali untuk membantu mendirikan Google China. Huang mendirikan perusahaan pertamanya pada 2007, kemudian menjualnya pada 2010 untuk memulai perusahaan baru yang membantu perusahaan memasarkan diri mereka sendiri di situs web seperti Taobao milik Alibaba atau JD.com.

Ketika infeksi telinga membuatnya pensiun pada 2013, ia mencetuskan ide membuat Pinduoduo.

“Pinduoduo tidak sekadar menawarkan harga murah, tetapi untuk membuat pengguna merasa seperti mereka mendapatkan penawaran yang bagus,” ujar Huang.

Waktu Ber-Temu

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More