World Cyber Games 2024 Digelar di Indonesia, Siap Dongkrak Industri Gim Nasional

Rabu, 05 Juni 2024 - 07:26 WIB
Atas dasar itulah, Liz mendukung Indonesia menjadi market gim terbesar di Asia Tenggara, sekaligus menjadi tuan rumah WCG 2024. Festival multigim terbesar di dunia ini, telah ada sejak tahun 2001 lalu dengan melibatkan 111 negara, 76 gim dan 1,5 juta pemain dari seluruh dunia.

Selain itu, Presiden RI Jokowi juga telah mendukung adanya ekosistem dari gim nasional. Hal ini dibuktikan dengan adanya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional. Semangat dari Perpres Nomor 19 tahun 2024 ini mendorong supaya bisa meningkatkan nilai ekonomi industri ini, memberikan manfaat untuk Indonesia dan juga meningkatkan karya-karya berbasis kearifan lokal,” tuturnya.

Liz mencontohkan, seperti gim Lokapala, buatan developer Indonesia yang mengangkat unsur budaya lokal. Gim ini mengangkat tema relief terluar Candi Borobudur, sehingga para developer gim juga harus menambah literasi agar gim yang dihasilkan bisa sesuai dengan budaya sendiri. “Itu ilmu-ilmu tidak hanya IT (informasi dan teknologi) ternyata karena untuk membuat gim-gim ini banyak juga bidang-bidang yang dibutuhkan oleh industri (gim),” ucapnya.

Sementara itu Ketua Asosiasi Cipta Karsa Adikarya (Cakra) Ivan Chen mengatakan, industri gim di Indonesia memang sempat tidak dikenal di dunia global. Namun perlahan tapi pasti, kini dunia sudah melihat pasar industri gim di Tanah Air. Untuk mempercepat pengenalan gim lokal di pasar dunia, Ivan memandang diperlukan para influencer.

Sebagai contoh gim PC Dreadout buatan developer Indonesia, yang dimainkan oleh YouTuber ternama dunia, yakni PewDiePie. “Gimnya sudah dari 2009, tapi 2015-an dimainkan oleh PewDiePie, tiba-tiba boom (meledak), tiba-tiba banyak audiens dari seluruh dunia me-download, itu muncul kesuksesan,” kata Ivan.

Menurut dia, rangkaian kegiatan WCG tahun ini akan diadakan di berbagai negara di Asia Tenggara, Jepang, dan Korea Selatan, dengan puncak festivalnya di Indonesia. Event ini menjadi momen bersejarah karena untuk pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah puncak festival WCG yang akan berlangsung pada 31 Agustus – 1 September 2024, dan Lokapala, gim buatan Indonesia, menjadi salah satu official game di ajang bergengsi ini.

Rangkaian acara Forum Bisnis Ekonomi Kreatif yang mengawali Festival WCG akan dihadiri oleh berbagai stakeholder industri konten dari berbagai negara dan 100 top influencers dari Asia Tenggara dan Korea Selatan yang akan menghadiri Festival World Cyber Games 2024.

Forum Ini merupakan sebuah kesempatan emas untuk mendorong gim developer lokal agar dapat melakukan aktivasi di Asia Tenggara, melalui influencer marketing dan sekaligus menarik investasi domestik maupun asing. “Partisipasi gim lokal di festival WCG 2024 dengan konsep barunya ini diharapkan dapat mendorong akses market gim lokal di kawasan Asia Tenggara dan global,” pungkasnya.
(atk)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More