Jangan Salah Pilih, Ini 7 Perbedaan Tempered Glass dan Hydrogel untuk HP

Jum'at, 24 Mei 2024 - 18:39 WIB
Pelapis anti gores jamak digunakan oleh pemilik smartphone untuk melindungi ponsel kesayangan. (Foto: Gadget Popular)
JAKARTA - Pelapis anti gores jamak digunakan oleh pemilik smartphone untuk melindungi ponsel kesayangan agar tetap mulus. Namun, agar tidak tidak salah pilih sebaiknya ketahui perbedaan anti gores tempered glass dan hydrogel agar smartphone mendapat perlindungan maksimal, meski layar kaca yang sudah ada diklaim tahan banting.

Faktanya, baik anti gores tempered glass atau hydrogel memiliki karakteristik yang berbeda walaupun sama-sama berfungsi melindungi layar.

Langsung saja, berikut 7 perbedaan tempered glass dan hydrogel dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (24/5/2024).

1. Material



Tempered glass terbuat dari kaca yang sudah melalui proses pemanasan atau kimia untuk meningkatkan kekuatannya. Itulah mengapa, Tempered Glass cenderung kaku, namun terlihat lebih kokoh dibandingkan Hydrogel.



Berbeda dengan hydrogel yang terbuat dari bahan poliuretan yang lebih fleksibel untuk disesuaikan dan dipasang pada layar smartphone.



2. Daya Tahan



Aspek ini memang memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Tempered glass berbentuk seperti kaca dan secara otomatis ponsel memiliki dua lapisan dalam meningkatkan perlindungannya. Terutama dari benturan, jatuh dari ketinggian tertentu, hingga tekanan.

Di sisi lain hydrogel screen protector memiliki karakter bahan elastis dan dapat mengembang. Jadi, pelindung berbahan hydrogel ini daya tahannya baik untuk menahan dari goresan yang diakibatkan penggunaan ponsel dalam waktu yang lama. Hydrogel yang sifatnya lebih fleksibel, kemungkinan besar tidak mudah pecah dalam potongan besar, tetapi akan menyerap benturan dengan lebih baik, mengurangi dampak langsung pada layar asli.

3. Responsivitas Layar



Tempered glass memiliki ketebalan setidaknya 0.5 mm. Hal itu bisa saja berpengaruh pada tingkat responsifnya. Namun, tidak serta merta dengan desain yang cukup tebal mengurangi tingkat kenyamanannya.

Lalu beralih ke hydrogel screen protector. Ketebalannya memang bisa dibilang lebih tipis, bahkan ada yang memiliki ketebalan 100 nanometer. Selain seolah tidak terlihat pada layar, tingkat responsif dan sensitivitasnya lebih baik dibanding pelindung berbahan kaca.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More