10 Kelebihan dan Kekurangan Yandex, Mesin Pencari Saingan Google yang Mengejutkan

Sabtu, 27 Januari 2024 - 08:11 WIB

4. Fitur yang Beragam

Yandex juga memiliki beragam fitur dan fasilitas yang cukup lengkap. Melalui mesin pencari ini, pengguna tak hanya bisa sebatas mencari informasi mengenai topik tertentu.

Melalui berbagai fiturnya, pengguna bisa menjelajahi lebih dalam terkait topik yang diinginkan. Hal ini bisa dilakukan karena memang akses Yandex yang lebih terbuka daripada mesin pencari lain.

5. Layanan Online

Yandex memiliki berbagai layanan online. Misalnya seperti email, penyimpanan cloud hingga agregator berita. Meski terkesan sederhana, layanan ini berkontribusi pada ekosistem daring yang terintegrasi. Alhasil, pengguna bisa selalu terhubung dengan berbagai kegiatan yang dilakukannya.

Kekurangan Yandex

1. Gangguan Bahasa

Sebagian besar pengguna Yandex berasal dari negaranya sendiri, yaitu Rusia. Maka dari itu, cukup lazim apabila platform ini juga menggunakan bahasa Rusia.

Namun, aspek tersebut dapat menjadi hambatan tersendiri bagi pengguna di luar Rusia. Sebenarnya, Yandex punya fitur translate otomatis ke berbagai bahasa, namun performanya masih kurang akurat.

2. Loading Berat

Pada beberapa kasus, pengguna mengeluhkan akses loading Yandex yang terasa cukup berat. Kekurangan ini bisa mengurangi kenyamanan pengguna ketika menjelajah internet.

3. Rentan Virus Berbahaya

Di satu sisi, akses terbuka dari Yandex memang punya kelebihan. Namun, tetap saja ada bahaya yang mengintai dari keterbukaan tersebut. Ketika menyelami internet lebih jauh, ada potensi bahaya dari keberadaan virus seperti malware. Sebagai informasi, masalah ini dapat membahayakan data dan privasi pengguna.

4. Hasil Pencarian Kurang Lengkap dari Google

Di satu sisi, Yandex mungkin bisa mengarahkan pencarian agar menjadi lebih relevan dengan kemauan pengguna. Namun, hasilnya belum selengkap yang dimiliki Google.



5. Banyak Konten Spam

Kekurangan ini sebenarnya tidak hanya terlihat pada Yandex, melainkan pada Google dan lainnya pula. Biasanya, ada banyak konten yang mengandung spam, seperti iklan yang menyesatkan hingga virus berbahaya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More