Profil Dr Geoffrey Hinton, Bapak AI Dunia yang Menyesal Membuat Kecerdasan Buatan

Rabu, 03 Mei 2023 - 09:55 WIB
Dr Geoffrey Hinton adalah seorang ilmuwan komputer dan pakar kecerdasan buatan asal Kanada. Foto/Techspot
JAKARTA - Dr Geoffrey Hinton adalah seorang ilmuwan komputer dan pakar kecerdasan buatan asal Kanada. Dia dikenal sebagai salah satu tokoh terkemuka dalam bidang deep learning, salah satu cabang utama dalam pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan.

Baru-baru ini Dr Geoffrey Hinton menyesal pernah membuat Artificial Intelligence (AI). Padahal, dalam perkembangannya sudah banyak penggunaan AI.

Dr Hinton telah banyak berkontribusi dalam penelitian tentang neural network dan deep learning, serta merancang algoritma yang terkenal seperti backpropagation dan Boltzmann machine. Dia juga menjadi salah satu peneliti di dalam pengembangan teknologi deep learning yang saat ini digunakan secara luas, seperti dalam pengenalan suara dan gambar.



Dr Hinton juga mendapatkan banyak penghargaan atas karyanya, termasuk Turing Award pada tahun 2019, yang dianggap sebagai penghargaan tertinggi dalam bidang ilmu komputer. Dia juga menjabat sebagai profesor di University of Toronto dan diangkat sebagai fellow dari Royal Society pada tahun 2010.



Dr Hinton telah membuat banyak karya penting dalam bidang kecerdasan buatan, terutama dalam cabang deep learning dan neural network. Beberapa karyanya yang paling terkenal adalah:

1. Backpropagation



Dr Hinton adalah salah satu dari beberapa peneliti yang merancang algoritma backpropagation pada awal tahun 1980-an. Algoritma ini digunakan untuk melatih jaringan saraf buatan dengan memberikan umpan balik yang diperlukan untuk memperbaiki bobot yang digunakan dalam pengambilan keputusan.

2. Boltzmann Machine

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More