Forum Hacker Tempat Bernaungnya Bjorka BreachForums Ditutup, Alasannya Bikin Terkejut

Jum'at, 24 Maret 2023 - 10:58 WIB
BreachForums adalah forum hacker tempat Bjorka membocorkan berbagai data dari penduduk Indonesia. Foto: dok PCMag
JAKARTA - BreachForums , forum online tempat para hacker berbagi data atau menjual data curian, resmi ditutup. Pemicunya, salah satu admin forum tersebut dibekuk oleh FBI.

Seperti dilansir Techcrunch, Jumat (24/3), penutupan BreachForums tak lepas dari penangkapan seorang pria yang diduga sebagai “Pompompurin” yang merupakan admin BreachForums oleh Biro Investigasi Federal atau FBI.

Admin BreachForums yang berhasil ditangkap FBI diketahui bernama Conor Brian Fitzpatrick. Ia menghadapi dakwaan di New York dan juga pengadilan di Distrik Timur Virginia dengan tuduhan melakukan konspirasi terhadap penipuan perangkat akses (kegiatan hacking).

Namun menariknya, bukan penegak hukum yang memutuskan untuk menutup forum hacker tersebut. Melainkan admin baru yang muncul dengan nama “Baphomet”. Ia beralasan BreachForums sudah tidak aman lagi bagi hacker.

“Saya akan menghapus forum ini. Karena forum ini sudah tidak aman. Saya tahu bahwa semua orang menginginkan BreachForum tetap aktif. Tapi, jika tetap aktif sekarang, tidak ada keuntungan jangka pendek yang berarti. Justru malah memberikan kerugian dalam jangka panjang,” katanya dalam saluran Telegram.





Bjorka saat mengklaim membocorkan data PeduliLindungi. Foto: tangkapan layar

Alasan lain menurut Baphomet adalah ditemukannya penyusup. Ia menjelaskan bahwa ketika memigrasi server forum, dia menemukan seseorang telah masuk ke salah satu server sebelum mereka melakukannya. Maka, ia menyimpulkan ada orang di luar forum yang berhasil menyusup.

“Seseorang memiliki akses ke mesin Pompomlurin. Padahal server apa pun yang kami gunakan tidak pernah dibagikan dengan orang lain. Saya sekarang merasa seperti ditempatkan pada posisi di mana tidak ada yang dapat dianggap aman,” tulis Baphomet.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More