Data BPJS Ketenagakerjaan Bocor, Kominfo: Sedang Diinvestigasi

Jum'at, 28 Juni 2024 - 16:11 WIB
loading...
Data BPJS Ketenagakerjaan Bocor, Kominfo: Sedang Diinvestigasi
Data BPJS Ketenagakerjaan diduga dibagikan di BreachForums oleh peretas. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus menjadi sorotan. Belum selesai kasus ransomware di Pusat Data Nasional Sementara (PDNS 2), bertubi-tubi dugaan kasus kebocoran data baru menyeruak. Salah satunya, dugaan kebocoran data BPJS Ketenagakerjaan.

Data BPJS Ketenagakerjaan Bocor, Kominfo: Sedang Diinvestigasi

Teguh Afriyandi, Direktur Pengendalian Aptika Ditjen Aptika Kominfo

“Kami sudah terima laporan BPJS Ketenagakerjaan. Saat ini sedang diinvestigasi lebih lanjut," kata Teguh Afriyandi, Direktur Pengendalian Aptika Ditjen Aptika Kominfo saat ditemui di Kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (28/6/2024).

“Hasil investigasi itu akan memberitahu apakah insiden tersebut benar atau tidak. Atau malah insiden lama. Ada tim kami yang melakukan investigasi," tambahnya.

Ia menekankan bahwa dalam hal ini Ditjen Aptika Kominfo bukan pihak yang menangani aspek keamanan.

Sebelumnya, ramai di media sosial informasi bahwa data BPJS Ketenagakerjaan diduga dibobol. Informasi ini diunggah akun X @FalconFeedsio, Kamis, 27 Juni 2024.

FalconFeeds sendiri adalah platform keamanan siber yang kerap melaporkan kasus peretasan di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

“Seorang anggota BreachForums memposting tentang pelanggaran data signifikan yang melibatkan BPJS Ketenagakerjaan, suatu lembaga pemerintah yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden Indonesia dan bertugas melindungi hak-hak pekerja," begitu keterangannya.



Disampaikan juga data-data apa saja yang berhasil dibobol dan dijual peretas yakni nama lengkap, tanggal lahir, alamat email, nomor telepon, kelompok usia, alamat tempat tinggal, kode pos, provinsi, dan lainnya. Namun tidak disebutkan berapa banyak data yang berhasil diretas.

Lebih lanjut, FalconFeeds di unggahan X-nya itu juga membagikan tangkapan layar memperlihatkan gambar laman website di mana peretas menjual data BPJS Ketenagakerjaan di website BreachForums dengan identitasdisamarkan.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1504 seconds (0.1#10.140)