Paul Walker 'Bangkit' di Facebook

Sabtu, 04 April 2015 - 09:07 WIB
Paul Walker Bangkit di Facebook
Paul Walker 'Bangkit' di Facebook
A A A
MENLO PARK - Buat pecinta film Fast Furious pasti sudah tidak asing dengan nama Paul Walker, salah satu tokoh utamanya. Melihat banyaknya penggemar dari mendiang pemain film satu ini, Facebook berusaha 'membangkitkan' Walker kembali.

Dikutip dari Blogs.discovermagazine, Sabtu (4/4/2015), usaha ini merupakan salah satu bentuk promosi film ketujuh Fast and Furious dan bentuk mengenang Walker yang telah wafat 30 November 2013.

Akun resmi Facebook milik Walker dijadikan sebagai media peringatan online untuk almarhum. Ratusan fans masuk ke halaman akun Walker untuk menyampaikan penghormatan terkahir.

"Media sosial merupakan tempat berkomunikasi kepada yang telah tiada, dan kini menjadi tren. Dibandingkan dengan cara tradisional yang mengunjungi langsung makam almarhum," ucap kandidat di departemen Informatika Universitas California, Jed Brubaker.

Brubaker bekerja sama dengan Facebook mempelajari kaitan antara kematian dan media sosial, sejak tahun lalu. Ia melihat, banyak kesamaan antara komentar para fans di akun Facebook Paul Walker dengan akun Facebook orang biasa yang bukan artis ternama.

Brubaker menjelaskan, munculnya Facebook dan jaringan sosial lainnya telah mengubah budaya berkomunikasi dengan orang yang telah wafat. Melalui jaringan sosial, mereka tetap menjaga hubungan dengan almarhum.

Facebook

Teman dan keluarga masih sering memosting ke profil orang yang telah meninggal, mengirim pesan dan menampilkan foto-foto almarhum. Facebook memungkinkan untuk hubungan tersebut melalui fitur "akun pengabadian" dan pilihan "kontak warisan", yang memungkinkan menunjuk seseorang untuk mengelola akun mereka, setelah wafat.

"Media sosial adalah tempat bagi Anda untuk berinteraksi dengan orang-orang ketika mereka masih hidup dan juga setelah mereka wafat," ujar Brubaker. Akun Facebook Paul Walker tidak sama persis dengan profil pribadi setiap orang. Akun akan disesuaikan untuk bisnis, merek dan organisasi dari profil Facebook pribadi.

Tampaknya, Walker secara pribadi akan mengirim pesan ke akun Facebooknya setiap waktu. Sebagai contoh, pesan terakhirnya berharap orang bahagia saat perayaan Thanksgiving. Kebanyakan pesan diposting oleh tim humas dengan nama kolektif "Tim PW".

Melalui fitur ini, akan terus terjalin hubungan antara selebritis dengan para penggemar. Tapi seperti pada akun Facebook Walker, untuk menghindari kontak yang terlalu personal, tim tetap mencantumkan Tim PW di setiap pesan, dan menghindari kata "Aku".

Peluncuran Furious 7 dan persembahan media sosial Walker, tampaknya telah membantu penciptaan image sang aktor di mata publik. Pada saat yang sama, fan page Facebook Walker mencapai 40 juta "like" dan terus menarik ribuan orang "likes" dan "shares" setiap update baru yang terposting.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6522 seconds (0.1#10.140)