Atasi Masalah Keamanan IT, dari BYOD Beralih ke COPE

Kamis, 20 November 2014 - 10:53 WIB
Atasi Masalah Keamanan...
Atasi Masalah Keamanan IT, dari BYOD Beralih ke COPE
A A A
JAKARTA - Keamanan perusahaan dalam sistem Bring Your Own Device (BYOD) kerap masih menimbulkan masalah, untuk mengatasinya banyak perusahaan beralih menggunakan strategi COPE (Corporate-Owned, Personally Enabled).

Tidak seperti sistem BYOD yang membebaskan karyawan untuk membawa perangkat milik mereka sendiri, dengan strategi COPE perusahaan menyediakan beberapa perangkat yang dapat dipilih oleh karyawan guna melakukan pekerjaannya.

"Perangkat-perangkat yang ditawarkan ini tentu saja telah disesuaikan sedemikian rupa untuk memberikan kontrol dan perlindungan yang lebih baik demi melindungi data-data perusahaan," tutur Vice President, Oracle Fusion Middleware ASEAN, Oracle Corporation, Chin Ying Loong dalam keterangan tertulisnya, Kamis (20/11/2014).

Namun perlu diingat selain memprioritaskan keamanan, perusahaan juga harus mampu mengutamakan kenyamanan pengguna dalam mengoperasikan perangkat tersebut.

Lebih lanjut Chin, untuk memastikan keamanan terhadap data pribadi milik karyawan maupun data-data perusahaan yang tersimpan di perangkat, ketika menerapkan BYOD, ada beberapa pendekatan yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah containerization.

"Pendekatan ini memastikan bahwa aplikasi-aplikasi milik perusahaan dipisahkan dengan data-data pribadi milik penggunanya di perangkat yang mereka gunakan," ucapnya.

Selain pendekatan di atas, pendekatan lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Mobile Application Management (MAM).

MAM sebuah pengembangan dari Mobile Device Management (MDM) yang dapat menerapkan berbagai kontrol keamanan di aplikasi perusahaan yang tersimpan di dalam perangkat.

Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk tetap bisa melindungi sistem dan data penting milik perusahaan yang tersimpan di tersebut yang digunakan oleh karyawan untuk bekerja.

Dengan berbagai teknologi dan solusi di atas, saat ini enterprise mampu memberikan kebebasan kepada karyawannya dalam memilih perangkat apa yang mereka gunakan.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2462 seconds (0.1#10.140)