Ini Alasan Pegipegi Gunakan Layanan Oracle ERP Cloud

Sabtu, 29 Januari 2022 - 20:30 WIB
loading...
Ini Alasan Pegipegi Gunakan Layanan Oracle ERP Cloud
Pegipegi nemilih Oracle ERP Cloud untuk memudahkan pemesanan online bagi wisatawan Indonesia. Foto: dok dribble
A A A
JAKARTA - Pegipegi menjadi perusahaan yang beralih ke cloud untuk membantu memodernisasikan operasional mereka.

Untuk itu, Online travel agent (OTA) tersebut bekerja sama dengan Oracle untuk mengimplementasi Oracle Fusion Cloud Enterprise Resource Planning (ERP). Tujuannya, membantu merampingkan proses bisnis dan meningkatkan integrasi antara platform tiket online dan operasi keuangan perusahaan.

Dampaknya, sistem ERP Oracle bisa mengintegrasikan semua aplikasi bisnis, termasuk pengadaan dan perangkat lunak keuangan terkait pemesanan non-perjalanan.



Berdiri pada 2012, Pegipegi menghubungkan lebih dari 25.000 rute penerbangan dan pilihan hotel serta lebih dari 2.800 rute kereta api pada platform tiket dan pemesanan online melalui situs web dan aplikasi mobile-nya.

Tantangan Pegipegi adalah menyediakan data keuangan untuk pelaporan kepada para shareholders dan pemangku kepentingan dari internal maupun eksternalnya.

Seiring dengan dibukanya kembali industri perjalanan Indonesia secara bertahap, mereka butuh perangkat lunak cloud modern yang menyediakan platform terpadu untuk operasi online dan data keuangannya.

Mereka lantas memilih Oracle Cloud ERP, termasuk Oracle Fusion Cloud Procurement. Head of Finance Pegipegi Wisnu Wardono mengatakan, Oracle Cloud ERP dapat menstandarisasikan proses bisnis untuk membantu meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya dan meningkatkan pengendalian operasional perusahaan.

”Penambahan Oracle Cloud Procurement dapat membantu Pegipegi mengaktifkan sumber strategis, serta meningkatkan manajemen hubungan pemasok dan juga menyederhanakan proses pembeliannya. Selain itu, juga menghasilkan kontrol internal yang lebih baik, risiko lebih rendah, penghematan lebih baik, serta profitabilitas lebih tinggi,” bebernya.

Head of Applications Oracle Indonesia Iman Muhammad menyebut, ada perubahan besar di perilaku konsumen. Khusunya industri perjalanan.

“Dengan beralih ke Oracle Cloud ERP, Pegipegi dapat memanfaatkan inovasi cloud untuk membantu tim manajemen membuat keputusan lebih strategis,” bebernya.

Dalam membantu pengimplementasi solusi Oracle, PT. Optima Data Internasional selaku partner dan distributor Oracle akan menerapkan solusi ini untuk Pegipegi dan diharapkan dapat rampung pada awal 2022.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2180 seconds (0.1#10.140)