XL Jual 3.500 Menara ke Solusi Tunas Pratama

Rabu, 01 Oktober 2014 - 10:45 WIB
XL Jual 3.500 Menara...
XL Jual 3.500 Menara ke Solusi Tunas Pratama
A A A
JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (EXCL) hari ini telah menandatangani perjanjian pembelian aset dengan PT Solusi Tunas Pratama Tbk (STP), salah satu perusahaan penyedia menara terkemuka di Indonesia.

STP telah dinyatakan sebagai pemenang dari proses tender yang berjalan selama tiga bulan, yang diselenggarakan XL terkait dengan penjualan 3.500 menara telekomunikasi dengan nilai pembelian Rp5,6 triliun.

Chief Executive Officer XL Hasnul Suhaimi mengatakan, pembayaran transaksi seluruhnya dalam bentuk tunai tanpa pembayaran lain dalam bentuk saham atau komponen lain yang ditangguhkan, yang akan dilakukan saat penyelesaian transaksi.

Dia mengungkapkan, bersamaan dengan penandatangan pembelian aset, XL dan STP juag menandatangani perjanjian induk sewa menara, di mana XL telah setuju untuk menyewa kembali menara yang telah dijual kepada STP untuk jangka waktu 10 tahun.

"XL juga mendapatkan persyaratan sewa yang kompetitif sebagai penyewa utama yang memberikan manfaat bagi XL berupa penghematan atas belanjaa modal dan biaya operasional perusahaa," kata dia dalam rilisnya, Rabu (1/10/2014).

Dia melanjutkan, melalui transaksi ini, penjualan menara kepada STP merupakan sebuah langka positif untuk mencapai strategi penurunan aset, sehingga sumber daya manusia yang ada semakin fokus dalam bisnis inti dan menjamin tercapai pengalaman pelanggan yang terbaik.

Menurut Hasnul, penjualan ini membuat XL dapat merealisasikan sebagai nilai dari portofolio menara dengan harga terbaik. XL akan menggunakan dana hasil transaksi ini untuk mengurangi sebagaian beban utang.

"Penyelesaian transaksi ini diperkirakan akan rampung pada 31 Desember 2014," kata dia.

Merrill Lynch (Singapore( Pte.Ltd (BofA Merrill Lynch) bertindak sebagai penasihat keuangan eksklusif untuk XL atas transaksi ini. Sementara Standard Charted Bank dan J.P Morgan (S.E.A) Limited bertindak sebagai penasihat keuangan untuk STP.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1330 seconds (0.1#10.140)