Telkomsel Kenalkan Internet Hingga Pelosok Desa

Jum'at, 12 September 2014 - 20:28 WIB
Telkomsel Kenalkan Internet Hingga Pelosok Desa
Telkomsel Kenalkan Internet Hingga Pelosok Desa
A A A
BANDUNG - Salah satu agenda CSR Telkomsel yaitu melakukan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi khususnya internet yang belum menyeluruh.

Tak terkecuali oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di pedesaan yang dianggap masih sangat rendah.

"Padahal, kalau dilihat dari sisi kemanfaatannya, pemanfaatan internet sangat berguna untuk pengembangan usaha. Sangat disayangkan, melek internet di wilayah pedesaan masih sangat rendah," ujar Ketua Yayasan Gemilang Muda Mudi Indonesia (GAMMA), Budi Riswanto, di sela-sela pelatihan internet 'Ayo Genggam Dunia' di Kantor Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KKB), Jumat (12/9/2014).

Untuk itu, pihaknya mengadakan acara tersebut bertujuan mensosialisasikan internet berserta manfaatnya. Masyarakat diajak untuk mandiri membangun kesejahteraan dengan memanfaatkan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK).

"Rencananya, kami akan menggelar acara serupa kepada para pelaku UMKM di 50 desa di 10 Kecamatan di Jabar. Setiap desa diharapkan bisa menjadi trigger untuk desa-desa lain di sekitarnya," katanya.

Kegiatan ini sengaja memilih desa yang masih terbilang awam terhadap internet. KBB dipilih karena kabupaten pemekaran yang memiliki segudang potensi untuk berkembang.

Dari sisi kepesertaan, pihaknya membidik sebagian besar dari kalangan ibu rumah tangga karena memiliki posisi strategis dalam keluarga. Menurutnya, Ibu rumah tangga yang berdaya akan mampu mengangkat kesejahteraan keluarga.

"Terdapat sebagian peserta dari ibu rumah tangga tersebut memiliki kegiatan usaha. Pada kegiatan ini, para peserta mendapatkan pengetahuan tahap awal mengenai internet," jelasnya.

Dia menambahkan, para pengajar dalam kegiatan ini berasal dari kalangan mahasiswa yang tergabung di Yayasan GAMMA. Mereka diajak untuk menularkan ilmu sambil bersosialisasi secara langsung dengan masyarakat.

"Kedepan, edukasi brainware penggunaan software ini akan dievaluasi untuk mengetahui sejauhmana efektivitas kegiatan tersebut. Kegiatan ini bagian dari program CSR Telkomsel yakni program berantas buta internet," imbuhnya
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2753 seconds (0.1#10.140)
pixels