Awas Penipuan Iming-iming Hadiah Lewat BBM

Rabu, 16 Juli 2014 - 17:14 WIB
Awas Penipuan Iming-iming Hadiah Lewat BBM
Awas Penipuan Iming-iming Hadiah Lewat BBM
A A A
SURABAYA - Mendekati hari raya Lebaran, banyak pihak memanfaatkan momen ini untuk melancarkan misi negatifnya, yakni penipuan dengan iming-iming hadiah lewat BBM. Meyakinkan korbannya, penipu menampilkan foto-foto pejabat perusahaan BlackBerry sebagai tampilan profilnya.

Awalnya, penipu mengundang target-targetnya kemudian mengirimkan pesan kepada pemilik BlackBerry tersebut, telah berhasil memenangkan undian berhadiah utama sebuah mobil Honda Jazz RS.

Undian itu bertajuk Gebyar Promo dengan mengatasnamakan PT BlackBerry Research in Motion Limited. Penipu menginformasikan pajak ditanggung oleh perusahaan, dan pemenang cukup membayarkan biaya administrasi.

"Bilangnya gratis tapi diminta biaya administrasi untuk surat-suratnya sekitar Rp2 juta," ucap Bambang, salah satu korban asal Surabaya kepada Sindonews, Rabu (16/7/2014).

Tidak cukup disitu, pelaku bahkan menampilkan link-link sebagai verifikasi ID pemenang, daftar pemenang, dan web perusahaan. Ketiga link yang diberikan pun ternyata tidak valid alias palsu.

"Setelah dicek link-nya ternyata palsu," jelasnya.

Dengan menggunakan nama yang hampir serupa dengan BlackBerry dan memberikan link-link untuk meyakinkan korban, tidak heran jika penipuan ini dapat mendulang hasil.

Untuk itu, pemilik BlackBerry kini harus lebih berhati-hati, mulai dari menerima pertemanan, hingga pesan-pesan yang berindikasi penipuan. Bahkan untuk mengecek link yang diberikan sang penipu, pemilik BlackBerry juga harus berhati-hati, karena kerap dari mengklik link tersebut, penipu dapat mengambil data-data korbannya.

Berikut link-link dan pesan yang dikirim sang penipu:

Penipuan

Sementara itu, jika ada penipuan mengatasnamakan BlackBerry, pengguna dapat mengecek langsung ke website resmi id.blackberry.com
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7275 seconds (0.1#10.140)