Sempat Jadi Raja Smartphone Dunia, Harga HP BlackBerry Sekarang Tinggal Segini

Selasa, 27 Juni 2023 - 19:51 WIB
loading...
Sempat Jadi Raja Smartphone Dunia, Harga HP BlackBerry Sekarang Tinggal Segini
BlackBerry pernah menjadi raja smartphone dunia namun akhirnya hancur oleh iPhone dan Android. Foto: Reuters/Mike Cassese
A A A
JAKARTA - BlackBerry pernah sangat populer di awal 2000-an dan memainkan peran penting dalam dunia perangkat mobile. Sayangnya, BlackBerry tidak pernah benar-benar merajai pasar ponsel di dunia. Mereka lebih dikenal dengan inovasi dalam bidang komunikasi dan keamanan, terutama dengan penggunaan email yang terenkripsi dan keypad fisik QWERTY yang ergonomis.

Puncak popularitas BlackBerry terjadi sekitar 2009 hingga 2011. Pada saat itu, BlackBerry sangat populer di kalangan pengguna bisnis dan pemerintahan, karena kemampuan mereka dalam menyediakan komunikasi yang aman dan efisien.

Ada beberapa alasan mengapa BlackBerry cukup dominan pada periode tersebut. Misalnya, pengiriman email terenkripsi yang jadi daya tarik perusahaan dan pengguna bisnis.

Lalu, keypad fisik QWERTY yang ergonomis membuat penggunaan ponsel lebih nyaman dan memudahkan pengetikan, terutama untuk pengguna yang melakukan banyak korespondensi melalui email atau pesan teks.

Selain itu, BlackBerry Messenger (BBM) adalah platform pesan instan khusus BlackBerry yang sangat populer pada masanya sebelum digantikan WhatsApp.

BBM menawarkan pengiriman pesan cepat, notifikasi pengiriman dan baca yang andal, serta fitur-fitur lain seperti pembacaan pesan dan grup chat. BBM jadi alasan kuat bagi pengguna untuk tetap menggunakan BlackBerry.

Namun, BlackBerry mulai kehilangan dominasinya ketika pasar ponsel pintar mulai berevolusi dan kompetisi semakin ketat.

Kemunculan iPhone dari Apple pada 2007 dan Android pada 2008 menggeser perhatian pengguna dari BlackBerry. Apple dan Android menghadirkan antarmuka yang lebih intuitif, ekosistem aplikasi yang luas, dan fitur-fitur yang lebih menarik bagi pengguna.

Selain itu, BlackBerry juga menghadapi beberapa tantangan dalam mengikuti tren pasar. Mereka tidak segera beradaptasi dengan pergeseran permintaan pasar ke layar sentuh, dan model ponsel BlackBerry masih didominasi oleh keypad fisik. Selain itu, BlackBerry juga memiliki sistem operasi sendiri yang kurang fleksibel dibandingkan dengan iOS dan Android.

Akibatnya, BlackBerry kehilangan pangsa pasar secara bertahap, dan pada akhirnya tidak lagi merajai pasar ponsel di seluruh dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4748 seconds (0.1#10.140)