India gandeng Rusia bangun komputer super

Selasa, 08 April 2014 - 17:01 WIB
India gandeng Rusia bangun komputer super
India gandeng Rusia bangun komputer super
A A A
Sindonews.com – Perusahaan computer grup RSC Rusia dan Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia berencana menggandeng India mendirikan fasilitas komputer super canggih. Rencananya akan menyaingi China Tianhe 2, sebagai komputer tercepat di dunia.

India memiliki banyak keterampilan untuk membangun komputer super. "Saya siap berbagi teknologi dengan India. Saya kira tidak banyak pemain akan bersedia melakukannya," ujar Pendiri dan Kepala Operasi Kelompok RSC dan Delegasi ke Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia, Alexey Shmelev, seperti dilansir Timesofindia, Selasa (8/4/2014).

Boris Shabanov dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia, diinformasikan telah mengundang delegasi dari Indian Institute of Science dan Pemerintah Karnataka untuk mengeksplorasi kemungkinan pusat super komputer di Bangalore.

Seorang penerima beasiswa Bharat Ratna, CNR Rao mengatakan sulit menilai potensi kolaborasi yang dilakukan kedua negara, tapi diakuinya, Cina memiliki pandangan jauh di depan.

Di sisi lain, Tianhe 2 dikembangkan oleh China National University of Defense Technology, mempertahankan posisinya sebagai nomor satu sistem dunia.

Posisi tersebut mengalahkan Titan, komputer super AS yang sempat memegang posisi puncak. Komputer super India Param Yuva - II berada di peringkat 83, sementara Lomonosov super komputer Rusia berada di peringkat 37.

Pada 2009, India telah mengambil lompatan besar dengan EKA, sebagai komputer tercepat keempat di dunia dan tercepat di Asia.

"Tapi dalam beberapa tahun berikutnya, Cina mengambil alih dan telah mempertahankan posisinya sebagai nomor satu sistem dunia," kata mantan Kepala Eksekutif Laboratorium Penelitian Komputer, anak perusahaan dari Tata Sons yang membangun super komputer EKA, Vipin Chaudhary,
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7598 seconds (0.1#10.140)