Mengulik fitur baru BBM

Rabu, 19 Februari 2014 - 10:13 WIB
Mengulik fitur baru BBM
Mengulik fitur baru BBM
A A A
MESKI terlambat, BlackBerry memberikan update tambahan beberapa fitur terbaru untuk pengguna Android dan iOS, termasuk di antaranya adalah BBM Voice dan BBM Channels. Apa gunanya? Untuk menjawab hal itu, mari kita telusuri satu persatu fitur terbaru BBM ini.

Fitur BBM Voice sebenarnya tidak terlalu istimewa. Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan panggilan suara (voice calls) ke kontak BBM hanya melalui Wi-Fi. Kecuali Anda sedang berada di luar negeri, praktis fitur ini tidak berguna.

Selanjutnya, ada yang disebut BBM Channels. BBM Channels memiliki kemiripan dengan channel yang ada di Internet Messenger, seperti KakaoTalk, WeChat, ataupun Line. Pada intinya Anda bisa bergabung dalam channel tertentu, dan berinteraksi dengan pengguna BBM lainnya untuk saling berkomentar terhadap topik tertentu. Mulai produk, hobi, olahraga, hiburan, fashion, mobil dan masih banyak lagi.

BBM Channels memiliki fitur, seperti scheduled chat hours, di mana pengguna BBM dapat berbicara langsung dengan pemilik channel. Anda bisa membuat channel sendiri, dan lantas memposting berbagai informasi, seperti foto atau teks.

Tapi, ada juga channel yang memang dikhususkan untuk pemilik merek dan bisnis tertentu. Tujuannya agar mereka dapat berinteraksi langsung dan terhubung dengan pelanggannya. Sekali lagi, fitur ini bisa menjadi favorit seandainya diluncurkan sebelum pengguna memiliki WeChat, WhatsApp, dan Line sekaligus terinstal di ponsel mereka.

Selain BBM Channels, ada fitur lain yang cukup menarik. Fitur itu adalah berbagi lokasi (location sharing). Bekerja sama dengan Glympse, pengguna BBM kini dapat langsung berbagi lokasi mereka ke satu atau beberapa kontak BBM secara langsung. Fitur ini penting, seandainya Anda mencari alamat rumah tertentu atau sedang tersesat.

Tiga fitur BBM ini juga cukup berguna; dukungan Dropbox dan Emoticons. Built-in support untuk Dropbox membuat pengguna dapat mengirimkan file dalam ukuran besar. File akan langsung di ekstrak dari akun Dropbox pengguna di cloud ke kontak BBM.

Nah, pihak yang menerima akan langsung menyimpan file tersebut dari ponsel pintar ke akun Dropbox mereka. Ini sangat menarik. Sebab sebelumnya untuk mengirim file beberapa MB harus melalui email. Jika sudah terbiasa, fitur Dropbox ini bisa sangat membantu pekerjaan. Misalnya, mengirimkan file PowerPoint. Setelah terkirim, Anda bisa langsung merevisinya dengan membuka Dropbox di laptop.

Fitur terakhir adalah tambahan di emoticons. Klaim BlackBerry, saat ini ada 100 emoticon baru yang ditambahkan agar pengguna lebih ekspresif. Tentu saja hal ini merupakan respons BlackBerry terhadap emoticon maupun sticker dari WeChat, Line, atau KakaoTalk yang sangat kreatif.

”Kami terus berusaha menyajikan fungsi baru di BBM, terutama untuk pengguna Android dan iPhone,” ujar President Global Enterprise Solutions BlackBerry, John Sims.

”Kami ingin menjadi social mobile platform bagi pelanggan pribadi maupun bisnis melalui fitur-fitur inovatif,” tambahnya.

Sebagai platform yang dikenalkan sejak 2005, BBM terbilang sangat lambat dalam berinovasi. Fitur-fitur baru yang mereka rilis akan berdampak dahsyat seandainya persaingan IM belum seketat sekarang.

Meski demikian, masih tetap ada harapan bagi BBM yang memiliki pengguna 80 juta di seluruh dunia itu. Dengan pembaruan drastis ini menandakan bahwa mereka tetap aktif untuk berinovasi. Selain itu, juga menegaskan bagaimana BBM seolah menjadi unit yang berkempang secara ”independen” dari BlackBerry. Di Indonesia, BBM masih menyimpan potensi mengingat masih menyimpan “legacy” sebagai aplikasi IM dengan pengguna paling besar.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5963 seconds (0.1#10.140)