Benchmark Ungkap Tolak Ukur Kinerja dari Samsung Galaxy Z Flip

Kamis, 06 Februari 2020 - 00:28 WIB
Benchmark Ungkap Tolak Ukur Kinerja dari Samsung Galaxy Z Flip
Benchmark Ungkap Tolak Ukur Kinerja dari Samsung Galaxy Z Flip
A A A
JAKARTA - Samsung Galaxy Z Flip baru saja mengungkap kinerjanya dalam benchmark (tolak ukur) di GeekBench. Kebocoran terbaru ini mengonfirmasi bagian dari lembar data teknis ponsel cerdas layar lipat tersebut, termasuk keberadaan chipset Qualcomm Snapdragon 855+ (Plus).

Informasi ini sendiri dibocorkan oleh SamMobile. Smartphone muncul dengan nama kode "Samsung SM-F700N" dan berjalan di sistem operasi Android 10.

Seperti yang diumumkan, ungkap situs GSM Arena, smartphone ini ditenagai oleh Snapdragon 855 Plus. SoC itu menggantikan Snapdragon 865 yang ditemukan di Galaxy S20 yang akan dijual di Amerika Serikat.

Benchmark tidak menentukan apakah itu standar Snapdragon 855 (diluncurkan pada akhir 2018) atau Snapdragon 855 Plus, chipset yang didedikasikan bagi pengguna untuk bermain game. Bocoran atau rumor sebelumnya selalu menunjuk SD855 Plus sebagai otak dari Galaxy Z Flip.

Untuk mendukung SoC, Samsung telah memutuskan untuk mengintegrasikan RAM 8 GB. Sebagai perbandingan, Galaxy S20 dilengkapi minimal RAM 12 GB. Sekali lagi, smartphone flip memang kurang berotot daripada flagship Samsung lainnya. Untuk menurunkan harga jual Z Flip, pabrikasn memang sangat terpaksa mengurangi biaya komponen.

Di bawah tekanan kondisi ini, Galaxy Z Flip jelas menawarkan kinerja yang sedikit lebih rendah daripada Galaxy S20. Menurut Benchmark, handphone yang layarnya dapat dilipat naik ke skor 725 di single-core dan 2.610 di multicore. Skor itu sedikit lebih rendah daripada Galaxy S20 Plus (Snapdragon 865) yang muncul di Geekbench pada Januari lalu.

Galaxy S20 mencatat skor 923 dalam single-core dan 3.267 di multi-core. Galaxy Z Flip mengungguli Galaxy S20 versi Exynos 990 (427 dalam single-core dan 2.326 di multi-core).

Untuk melihat kekuatan sebenarnya dari Galaxy Z Flip, ada baiknya kita juga menunggu pengumuman tolak ukur lain untuk mendapatkan ide yang lebih tepat tentang kemampuan handphone. Tidak jelas apakah Z Flip yang diuji adalah unit yang difinalisasi, siap dipasarkan, atau prototipe, yang optimasi perangkat lunaknya belum selesai.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7565 seconds (0.1#10.140)