Fitur OS Android 11 Terungkap, Video Dapat Peningkatan Kemampuan

Minggu, 29 Desember 2019 - 11:22 WIB
Fitur OS Android 11 Terungkap, Video Dapat Peningkatan Kemampuan
Fitur OS Android 11 Terungkap, Video Dapat Peningkatan Kemampuan
A A A
MOUNTAIN VIEW - Dengan meningkatnya kapasitas penyimpanan smartphone, fungsi perekaman video kamera menjadi lebih kuat. Akibatnya, permintaan konsumen untuk ruang penyimpanan ponsel menjadi lebih tinggi.

Menurut laporan media, Google kemungkinan akan menghapus batas ukuran file 4 GB dalam sistem Android 11 terbaru. Ini berarti perangkat Android akan dapat mengambil satu file rekaman yang lebih besar dari 4 GB.

Pada tahun 2014, Google menetapkan batas 4 GB untuk MediaMuxer dan MPEG4Writer di Android untuk mensindikasikan video dan membantu penyimpanan sebagai file MP4. Pada saat itu kartu SD masih populer dan sebagian besar ponsel tidak mendukung perekaman video 4K.
Fitur OS Android 11 Terungkap, Video Dapat Peningkatan Kemampuan

Jika video melebihi 4GB, maka file video akan dipecah menjadi beberapa file. Tentu saja, jika Anda tidak memeriksa file video, Anda tidak akan melihatnya. Membagi file video menjadi beberapa file tidaklah menyenangkan untuk memproses dan mengunggah video.

Sebenarnya, ukuran file maksimum bervariasi tergantung pada pabrikannya. Rekaman dengan video Google Pixel 4 4K dipecah menjadi maksimum 3,7 GB file. Juga, rekaman 4K dengan Xiaomi Mi 9SE hanya menerima 2,53 GB sebelum pemisahan.

Dengan penghapusan kartu SD secara bertahap dan dominannya perekaman 4K, perubahan diperlukan. Pada perekaman video 4K dapat mencapai 4 GB hanya dalam sepuluh menit. Karenanya, menghapus batas 4 GB pada satu file telah menjadi masalah yang tidak bisa ditunggu pengguna untuk diselesaikan.
Fitur OS Android 11 Terungkap, Video Dapat Peningkatan Kemampuan

Dalam beberapa tahun terakhir, ungkap laman Giz China melansir PCONLINE, pengembang telah mencari cara untuk merekam file video yang lebih besar dari 4 GB. Fitur ini kemungkinan besar akan datang dengan Android 11, OS besutan Google terbaru.

Menurut dokumen AOSP baru, Google sedang memperbarui kelas media Android untuk menghapus batas ukuran file 32-bit. Secara khusus, Android sekarang akan "menggunakan [a] offset 64-bit di mpeg4writer", yang memungkinkan handphone Android untuk "menggabungkan file yang berukuran lebih dari 4GB".

Selama pengujian, Google berhasil membuat file dengan ukuran sekitar 32 GB. Dalam pengujian lain, bahkan dimungkinkan untuk mengisi seluruh kapasitas penyimpanan ponsel dengan satu rekaman video.

Menurut laporan, Google akan memasukkan fitur ini di Android 11 beta pada Maret 2020. Versi stabil dari sistem ini akan tiba pada Agustus 2020.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1484 seconds (0.1#10.140)