Duh, Android 11 Punya Bug yang Picu Aplikasi Kamera Macet, Multitasking Rusak

Minggu, 27 September 2020 - 12:12 WIB
loading...
Duh, Android 11 Punya Bug yang Picu Aplikasi Kamera Macet, Multitasking Rusak
OS Android 11 dikeluhkan oleh para penggunanya karena merusak aplikasi kamera. Foto/ist
MOUNTAIN VIEW - Versi resmi Android 11 sekarang tersedia tetapi ini bukan sistem yang sempurna tanpa bug . Menurut laporan terbaru, pengguna mengalami bug yang merusak multitasking pada sistem ini. (Baca juga: Cetak 100 Kemenangan di Liga Spanyol, Zidane Pelatih Kedua dalam Sejarah Real Madrid )

Bug merusak kemampuan pengguna untuk menggeser ke atas dan melihat aplikasi yang baru-baru ini digunakan. Ini adalah fitur yang sangat populer bagi banyak pengguna smartphone, sehingga tidak bisa luput dari perhatian.

Bahkan, terkadang smartphone berkedip hitam dengan efek zoom yang aneh. Ini mencegah pengguna membuka aplikasi lebih jauh. Kesalahan multitasking muncul di semua perangkat Pixel yang diperbarui ke Android 11, termasuk Pixel 2, 3, 4, dan bahkan 4a.

Masalah ini tampaknya menjadi masalah yang tersebar luas dan ada laporan di berbagai platform. Laman Giz China melaporkan telah melihat laporan di Reddit, Forum Komunitas Pixel, dan bahkan Forum Dukungan Android 11.



Apakah ada perbaikan cepat untuk masalah ini? Ya, beberapa pengguna untuk sementara "memecahkan" masalah ini hanya dengan mengunci dan membuka kunci perangkat mereka. Ini bukan solusi jangka panjang karena masalah tersebut muncul kembali.

Menurut laporan, ini bukan pertama kalinya masalah tersebut merusak sistem Android 11. Masalah ini sudah jelas -meskipun mengingat sistem telah dalam pratinjau pengembang, bug diharapkan terjadi. Meski begitu, versi stabil Android 11 yang baru dirilis tidak menyelesaikan masalah ini.

Untungnya, Forum Dukungan Android 11 (IssueTracker), Google ada di atas masalah ini. Perusahaan akan merilis perbaikan di pembaruan berikutnya.

Pengguna Google Pixel Laporkan Aplikasi Kamera Macet
Selain masalah multitasking dan layar hitam berkedip, ada laporan tentang aplikasi kamera yang mogok di sistem terbaru Google. Seorang pengguna Pixel 3a yang memperbarui perangkatnya ke Android 11 menunjukkan setelah pembaruan, dia tidak dapat lagi menyimpan foto yang diambilnya. Selain itu, saat beralih ke mode video, aplikasi kamera mengalami gangguan.

Seorang pengguna Pixel 2 mengklaim kameranya bekerja dengan sangat baik sampai dia memperbarui ke Android 11 dua hari lalu. Sekarang, kamera tidak bisa lagi bekerja. Ada layar hitam atau aplikasi langsung ditutup. Solusi mengosongkan cache atau memulai ulang ponsel tidak menyelesaikan masalah itu.

Sampai saat ini, belum ada konfirmasi bahwa masalah ini terkait dengan sistem terbaru Google. Seorang pengguna Pixel kembali dari sistem terbaru ke Android 10, tapi masalahnya tidak hilang. Selanjutnya, melakukan reset pabrik juga tidak membantu menumpas persoalan.



Sampai saat ini, belum ada tanggapan resmi dari Google terkait masalah ini. (Baca juga: Cerita Proses Pembuatan Vaksin yang Sukses Dikembangkan Melawan Virus )
(iqb)
Komentar Anda