Huawei Ungkap Manfaat 5G di Telkomsel NextDev Summit 2019

Senin, 09 Desember 2019 - 23:29 WIB
Huawei Ungkap Manfaat 5G di Telkomsel NextDev Summit 2019
Huawei Ungkap Manfaat 5G di Telkomsel NextDev Summit 2019
A A A
JAKARTA - Telkomsel bersama Huawei mendemonstrasikan potensi pemanfaatan teknologi 5G dalam berbagai macam pemanfaatan untuk lintas industri digelaran Telkomsel NextDev Summit 2019. Kegiatan yang berlangsung pada 7 Desember 2019 di Jakarta itu menjadi demonstasi, sekaligus upaya memberikan gambaran akan wujud Indonesia digital di masa mendatang yang serba terkoneksi sepenuhnya.

Keduanya berkolaborasi menggelar uji coba kehebatan jaringan 5G milik Telkomsel yang telah mendapatkan izin pelaksanaan uji coba dari Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan menggunakan spektrum 28GHz.

Pameran kali ini merupakan wujud konsistensi Huawei yang sudah ada di Indonesia selama 20 tahun. Perusahaan manufaktur China itu dalam pameran kali ini menampilkan sejumlah potensi use case teknologi 5G di industri vertikal. Tidak terbatas pada industri telekomunikasi, tapi juga berbagai sektor industri lainnya.

Huawei mendemonstrasikan beragam penerapan 5G untuk pengembangan Kota Pintar (smart-city) berbasis teknologi Artificial Intelligent (AI) yang dilengkapi dengan Intelligent Operation Center, industri Virtual Reality (VR) dan game berbasis cloud, operasional penanganan di area darat pada sebuah sistem Bandara Pintar, Pendidikan Pintar (kelas cerdas), Digitalisasi Industri yang didukung oleh cloud berbasis AI, sistem Keamanan Kota, Pertanian Pintar, hingga Finansial Pintar.
Huawei Ungkap Manfaat 5G di Telkomsel NextDev Summit 2019

Heri Supriadi, Acting CEO Telkomsel mengatakan, Telkomsel menggelar uji coba 5G pada perhelatan NextDev Summit 2019 menggunakan pita 28GHz, sesuai dengan mandat dari Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia. Uji coba 5G ini menampilkan sejumlah use case teknologi 5G dan terlaksana atas kolaborasi yang baik antara Telkomsel bersama dengan Huawei, sebagai mitra strategis yang sudah berpengalaman dalam penyediaan infrastruktur dan teknologi jaringan.

Melalui sejumlah use case tersebut, kata dia, Telkomsel ingin mengajak pengunjung untuk melihat dan merasakan sendiri beragam penerapan teknologi 5G di lintas industri, serta dalam mendukung gaya hidup digital masyarakat Indonesia di masa depan.

“Uji coba 5G ini merupakan manifestasi komitmen Telkomsel yang kuat dalam melaksanakan transformasi menjadi perusahaan telko digital yang turut berada di garis depan dalam mendukung akselerasi bangsa melalui dihadirkannya teknologi yang mempercepat terbangunnya ekosistem Industri 4.0," kata Heri Supriadi.

Dikatakannya, penerapan teknologi selular generasi kelima ini merupakan elemen penting dalam revolusi Industri 4.0. Karena diyakini akan mampu meningkatkan produktivitas dan efisiensi di berbagai sektor industri, sekaligus memperkokoh daya saing bangsa di kancah global.

Pada kesempatan yang sama, Prof Widodo Muktiyo, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika menilai, program ini dapat menumbuhkan tiga hal, yaitu spirit entrepreneurship, kreativitas yang merupakan ciri ekonomi kreatif, dan teknologi informasi yang ditandai dengan digitalisasi.
Huawei Ungkap Manfaat 5G di Telkomsel NextDev Summit 2019

"Seperti yang disampaikan oleh CEO Telkomsel bahwa ada transformasi yang luar biasa. Kita saat ini tengah menuju ke masyarakat digital. Dalam masyarakat informasi ini, digital menjadi kata kunci yang mesti kita respon sebaik-baiknya. Untuk itu, kami juga mengucapkan terima kasih kepada segenap pimpinan Huawei yang telah memberikan dukungan terhadap terselenggaranya program ini,” katanya.

Sementara itu, Jeffery Liu, President of Huawei South Pacific mengatakan, pameran teknologi 5G Huawei di perhelatan Telkomsel NextDev 2019 merupakan gambaran visi perusahaan mengenai penggelaran teknologi 5G di masa depan. "Pameran ini juga menggambarkan beragam potensi use case teknologi 5G dalam mendukung terwujudnya Indonesia digital yang terkoneksi penuh, serta menegaskan dukungan penuh komitmen dari kami kepada operator-operator terkemuka di Indonesia, seperti Telkomsel, melalui dihadirkannya jaringan yang kuat demi terlaksananya digitalisasi di industri, dan tersajinya pengalaman terbaik bagi pelanggan,” katanya.

Selama 20 tahun hadir di Indonesia, sambung dia, secara konsisten pihaknya terus menghadirkan teknologi dan inovasi TIK di Tanah Air dengan mendukung operator-operator terkemuka dalam mengembangkan dan meningkatkan pertumbuhan bisnisnya.

Huawei telah meluncurkan beragam produk dan solusi 5G end-to-end secara komersial yang telah memenuhi standar 3GPP. Huawei juga telah melakukan serangkaian uji coba 5G bersama perusahaan-perusahaan carrier di seluruh dunia. Hingga saat ini, Huawei berhasil menyepakati 60 kontrak komersial 5G dengan berbagai operator global, serta mengirimkan lebih dari 400.000 BTS 5G ke seluruh dunia.

Selama perhelatan NextDev 2019 berlangsung, pengunjung dapat menyaksikan sendiri gambaran pemanfaatan teknologi 5G di masa depan. Mereka juga merasakan purwarupa inovasi teknologi yang dihadirkan oleh Huawei.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0281 seconds (0.1#10.140)