Ini Cara Aktifkan eSIM Smartfren di iPhone

Selasa, 10 Desember 2019 - 10:02 WIB
Ini Cara Aktifkan eSIM Smartfren di iPhone
Ini Cara Aktifkan eSIM Smartfren di iPhone
A A A
JAKARTA - Industri telekomunikasi kembali telah melangkah ke teknologi terbaru. Kali ini, industri menawarkan penggunaan ponsel pintar tanpa menggunakan SIM Card konvensional.

Teknologi yang bernama embedded SIM (eSIM) ini telah banyak digunakan di beberapa negara maju di dunia. Sedangkan di Indonesia, baru provider Smartfren yang menyediakan eSIM, hasil kerja sama dengan perangkat iPhone.

Untuk mengaktifkan eSIM Smartfren, perangkat yang ingin didaftarkan harus terkoneksi internet. Pada iPhone yang telah mendukung eSIM, caranya masuk ke menu Setting, kemudian pilih Cellular, lalu Add Cellular.

Setelah itu, pada layar iPhone akan muncul permintaan untuk memindai QR Code . Setelah dipindai, tunggu sesaat untuk proses pendeteksian. Jika berhasil, akan muncul keterangan A Cellular Plan from Smartfren is Ready to be Added to iPhone.

Lalu pilih tombol Add Cellular Plan di bagian bawah, tunggu proses aktivasi perangkat ke jaringan Smartfren. Jika telah aktif, sinyal Smartfren akan terlihat di pojok kiri atas. Untuk menggunakannya, pengguna juga harus mendaftarkan data diri ke 4444.

Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren, mengatakan, untuk saat ini perangkat yang mendukung eSIM di Indonesia baru perangkat iPhone X seris dan iPhone 11 seris.

"Kami tidak menutup kemungkinan kerja sama dengan merek lain, jika device itu mendukung eSIM," tegas Tata, saat pengenalan produk terbarunya, di Plaza Indonesia Jakarta, Senin (9/12/2019).

Pada kesempatan yang sama, Sukaca Purwokardjono, Deputy CEO Mobility Smartfren, menjelaskan, perusahaannya menawarkan eSIM di Indonesia dengan harga Rp180 ribu.

Dengan pembelian itu, lanjut dia, pelanggan akan mendapatkan kuota internet hingga 90GB, gratis menelpon selama 30 menit ke operator lain, dan menelpon sepuasnya ke sesama Smartfren.

"Aktif hingga setahun. Setelah habis, beli paket-paket murah yang kami tawarkan," tandas Sukaca.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7199 seconds (0.1#10.140)