Hanguang 800, Mesin Pencarian Terbaru Alibaba Secepat Kilat

Rabu, 25 September 2019 - 21:06 WIB
Hanguang 800, Mesin Pencarian Terbaru Alibaba Secepat Kilat
Hanguang 800, Mesin Pencarian Terbaru Alibaba Secepat Kilat
A A A
HANGZHOU - Alibaba tak henti melahirkan inovasi canggihnya. Terakhir, mereka meluncurkan mesin pencarian Hanguang 800 Neutral Processing Unit (NPU) di sela-sela Apsara Computing Conference yang dimulai hari ini, Rabu (25/9/2019) di Kota Hangzhou, China.

Melalui artificial intelligence (AI) Chip 800 Hanguang, proses pencarian di layanan di e-commerce akan semakin mudah dan sangat cepat. Contohnya, sekarang ini para pengguna dapat mengunggah ratusan juta gambar setiap hari ke Taobao, situs e-commerce Alibaba.

Dengan data sebanyak itu, mesin pencarian membutuhkan waktu satu jam untuk mengidentifikasi gambar, menciptakan pencarian khusus, dan memberikan rekomendasi terpersonalisasi bagi ratusan juta konsumen. Kini, semua proses tersebut dapat disingkat hanya dalam waktu lima menit oleh Hanguang 800.

“Peluncuran Hanguang 800 merupakan langkah penting dalam upaya kami untuk terus memajukan teknologi demi masa depan, mendorong kapabilitas komputasi untuk memacu kemajuan berbagai unit usaha kami saat ini dan di masa datang, sambil meningkatkan efisiensi energi,” papar Alibaba Group CTO and President of Alibaba Cloud, Jeff Zhang saat melakukan peluncuran. Acara peluncuran turut dihadiri SINDOnews dan ribuan peserta konferensi dari berbagai negara.

Jeff Zhang mengatakan, ke depan, pihaknya berkomitmen untuk terus memberikan kemudahan bagi klien dalam mengakses advanced computing yang didukung oleh chip. "Tentu kapanpun dan di manapun melalui cloud kami,” tandasnya.
Komitmen ini beralasan. Sebab salah satu tujuan utama Alibaba Cloud adalah untuk menyediakan infrastruktur teknologi terdepan yang dapat memberikan manfaat bagi berbagai perusahaan. Selain itu, Alibaba Cloud berupaya menciptakan tatanan data yang lebih inklusif.

Dia mengungkapkan, bermula dari kerangka kerja hardware yang dikembangkan sendiri dengan desain algoritma untuk aplikasi bisnis, seperti ritel dan logistik, pada ekosistem Alibaba, Hanguang 800 tercatat memiliki kinerja luar biasa di tahap pengujian awal. Dalam uji Resnet-50 Inference, kinerja komputasi single-chip ini mencapai titik tertinggi pada 78.563

IPS dan efisiensi komputasi pada 500 IPS/W. Kedua hasil pengujian performa ini jauh melampaui skor rata-rata industry, sekaligus membuktikan keunggulan yang tak tertandingi dan didukung oleh keseimbangan antara kapabilitas komputasi kuat dan efisiensi terbaik.

Hanguang 800 adalah AI inference chip pertama yang dikembangkan oleh T-Head di bawah Alibaba DAMO Academy, sebuah program global Alibaba dalam upaya mendorong riset teknologi dan sains.
Selain bermanfaat tinggi dalam pencarian produk pada situs e-commerce, Hanguang 800 juga membantu dalam rekomendasi terpersonalisasi, periklanan, intelligent customer service, terjemahan otomatis, serta hal-hal lain yang membutuhkan performa AI tinggi. Dengan cara itu, pelanggan yang berbelanja akan semakin mudah dan cepat.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5330 seconds (0.1#10.140)