Alibaba Cetak Rekor 583.000 Pesanan Online Per Detik di 11.11, Kok Bisa Servernya Nggak Jebol?

loading...
Alibaba Cetak Rekor 583.000 Pesanan Online Per Detik di 11.11, Kok Bisa Servernya Nggak Jebol?
Alibaba Cloud menjadi tulang punggung Alibaba Group saat menjalankan transaksi masif selama 11.11 dan terbukti berhasil.
CHINA - Selama Festival Belanja 11.11 yang berlangsung 11 hari, Alibaba Group mencetak transaksi USD74,1 miliar dalam Gross Merchandise Volume (GMV). Hanya 26 detik setelah periode belanja dimulai, puncak pesanan mencapai 583.000 kali per detik! BACA JUGA: Tips Memanfaatkan Fitur Gratis Samsung Health untuk Olah Raga dan Bergaya Hidup Sehat

Kuncinya, ternyata ada pada ini: Alibaba Cloud. Alibaba Cloud adalah tulang punggung teknologi digital dan intelegensi dari Alibaba Group. Total konsumen yang ditangani oleh Alibaba Cloud selama 11.11 silama mencapai 800 juta konsumen dan 2.500 merek.

Chief Technology Officer Alibaba Group Li Cheng mengatakan, platform komputasi real-time Alibaba yang di dukung oleh Apache Flink mampu memproses aliran data sebesar 4 miliar barang per detik selama puncak pesanan.

Lalu, mereka juga menggunakan MaxCompute. Yakni, platform data warehouse milik Alibaba yang mampu menangani 1,7 Eksabita data per hari (1 Eksabita = 1 Miliar Gigabita) selama 11 hari periode festival mulai dari tanggal 1 hingga 11 November 2020. Itu setara dengan pemrosesan 230 foto dengan resolusi tinggi dari 7 miliar orang di dunia.



”Terlepas dari kebutuhan skalabilitas ekstrim dan kinerja tinggi, kami mencatat tidak ada durasi waktu henti atau downtime selama periode festival tersebut,” ungkap Li.

Alibaba Cloud juga memanfaatkan sejumlah database cloud-native yang diklaim mereduksi kebutuhan sumber daya komputasi hingga 80%. Antara lain PolarDB, AnalyticDB, dan Lindorm.

BACA JUGA: Unik, All New Honda N-One Akan Ingatkan Penumpang Jika Ada Barang Tertinggal di Kursi



PolarDB mencetak rekor baru dengan 140 juta kueri per detik selama waktu puncak pukul 11.11, meningkat 60% dari tahun lalu.
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR ANDA
Top