Trafik Naik 30%, XL Siapkan Jaringan di Jalur Mudik

Kamis, 16 Mei 2019 - 23:02 WIB
Trafik Naik 30%, XL Siapkan Jaringan di Jalur Mudik
Trafik Naik 30%, XL Siapkan Jaringan di Jalur Mudik
A A A
JAKARTA - PT XL Axiata mulai mempersiapkan kesiapan jaringan jelang libur Lebaran 2019. XL memperkirakan, trafik data bakal naik hingga 30% pada Lebaran tahun ini.

Group Head Central Region XL Axiata, Rd. Sofia Purbayanti mengatakan, menyambut masa libur panjang Lebaran tahun ini, XL Axiata telah secara serius melakukan persiapan baik dari sisi jaringan maupun produk layanan. Untuk area-area di Central Region, kapasitas jaringan di sepanjang area jalur mudik rata-rata telah ditingkatkan menjadi dua kali lipat untuk antisipasi kenaikan trafik data.

“Trafik diperkirakan akan naik sekitar 30% dari trafik hari normal. Kenaikan trafik antara lain juga dipengaruhi adanya pergerakan pelanggan yang masuk dari wilayah lain di luar Central Region, terutama dari DKI Jakarta,” kata dia, Kamis (16/5/2019).

Menurut dia, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, kenaikan trafik data tertinggi untuk wilayah Jawa Barat diperkirakan akan terjadi di Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Bandung. Sementara itu di Jawa Tengah akan ada di Kabupaten Brebes, DI Yogyakarta ada di Gunung Kidul, Kalimantan Tengah di Kotawaringin Timur, dan Kalimantan Selatan di Banjarmasin.

Sementara untuk jaringan, selain meningkatkan kapasitas secara umum sesuai kebutuhan, XL Axiata juga telah menyiapkan dukungan Mobile BTS (MBTS) di sejumlah wilayah Central Region. Di Jawa Barat, Jawa Tengah hingga DI Yogyakarta MBTS sudah disiapkan di sepanjang jalur utama pemudik dan tujuan wisata utama sepanjang libur panjang Lebaran.

“Saat ini untuk area XL Axiata Central Region sudah terdapat sekitar 43.000 BTS, dengan total jumlah pelanggan mencapai lebih dari 16,5 juta. Total jumlah pelanggan terus meningkat, demikian juga dengan trafik pemakaian terutama layanan data. Total pelanggan kami telah mencapai 30% dari total pelanggan XL Axiata secara nasional,” jelas dia.

Diakui dia, selama setahun terakhir trafik penggunaan layanan data meningkat sekitar 62%. Pencapaian itu diimbangi dengan penambahan infrastruktur jaringan secara memadai agar kualitas layanan tetap prima.

Menurut Sofia, trafik layanan data tumbuh signifikan untuk area Jawa Barat, Jawa Tengah hingga DI Yogyakarta. Seperti yang terjadi secara nasional, pertumbuhan kinerja XL Axiata di area Central Region terutama karena kepuasan pelanggan atas kualitas layanan yang terus meningkat.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5231 seconds (0.1#10.140)