Cara Maksimalkan Fitur Live Composite untuk Jepretan Kamera Terbaik

Minggu, 20 Januari 2019 - 09:04 WIB
Cara Maksimalkan Fitur...
Cara Maksimalkan Fitur Live Composite untuk Jepretan Kamera Terbaik
A A A
JAKARTA - Teknologi digital memungkinkan pengguna untuk membuat hasil karya fotografi yang berkualitas dengan lebih mudah. Salah satu teknik yang digemari adalah membuat long exposure karena menyajikan hasil foto yang lebih fantastik.

Olympus mempermudah pengguna untuk membuat foto long exposure melalui fitur Live Composite. Kehadiran fitur ini, bertujuan untuk menghasilkan gambar eksposur panjang secara mudah tanpa harus khawatir paparan sinar berlebih (over exposure).

Marketing & Sales Manager Olympus Customer Care Indonesia (OCCI), Sandy Chandra, mengatakan bahwa fitur Live Composite hanya ada di kamera Olympus. Fitur ini sangat memudahkan pengguna dalam pembuatan foto long exposure dengan singkat dan praktis. Proses pergerakan cahaya juga dapat terlihat secara live pada LCD.

"Eksposur dasar pada fitur ini dapat di kontrol sesuai keinginan. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memotret fire works, lightning, star trail, light trail, dan foto-foto long exposure menakjubkan lainnya dengan mudah," kata Sandy dalam keterangan persnya di Jakarta, Sabtu (19/1/2019).

Cara untuk mengaktifkan fitur tersebut pada kamera Olympus adlaah degan mengugnakan mode M, lalu putar tombol dial control shutter, pilih Live Composite yang terletak di shutter speed paling rendah. Selanjtunya klin 'Menu' untuk menentukan interval waktu shoot mulai dari 2 sec-60sec, lalu klik 'OK'.

Tekan tombol shutter, untuk menentukan eksposur kompensasi dasar atau awal. Kemudian, tekan kembali tombol shutter untuk memulai proses Live Composite. Selanjutnya, proses ini dapat dilihat secara langsung. Pengguna dapat menentukan waktu yang diinginkan. Bila sudah cukup untuk melakukannya, tekan tombol shutter sekali lagi untuk mengakhiri.

Lebih lanjut, Sandy mengungkap bahwa pada dasarnya fitur ini terdapat pada semua kamera Olympus yang ada di pasar saat ini, yaitu PEN E-PL7, E-PL8, E-PL9, PEN F, OM-D E-M10 mark I, E-M10 mark II, E-M10 mark III, E-M5 Mark II, E-M1 mark I dan E-M1 mark II.

"Fitur ini bisa dilakukan selama 3 jam sampai 4 jam, tergantung kondisi baterai," pungkas Sandy.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)