Alibaba Cloud Luncurkan Data Center Kedua di Indonesia

Rabu, 09 Januari 2019 - 20:02 WIB
Alibaba Cloud Luncurkan Data Center Kedua di Indonesia
Alibaba Cloud Luncurkan Data Center Kedua di Indonesia
A A A
JAKARTA - Alibaba Cloud, perusahaan komputasi awan milik Alibaba Group, hari ini meluncurkan data center keduanya di Indonesia untuk menjawab permintaan yang semakin meningkat.

"Dengan menggandakan kapasitas data center, kami berharap dapat membangun ekosistem komputasi awan dan mengasah kemampuan talenta-talenta Indonesia secara lebih mendalam," kata Leon Chen, Alibaba Cloud General Manager of Singapore and Indonesia saat acara peluncuran di bilangan Senayan, Jakarta, Rabu (9/1/2018).

Kedua data center tersebut akan menyediakan kapasitas yang lebih tinggi dan kemampuan disaster recovery yang lebih kuat, sehingga memungkinkan penggunanya untuk melakukan mission-critical workload di berbagai zona dan mengganti zona dalam hitungan detik.

Dengan peluncuran ini, kata Leon, Alibaba Cloud sekarang memiliki 55 availability zone yang tersebar di 19 wilayah di seluruh dunia.

Kehadiran dua data center ini menawarkan rangkaian produk dan layanan yang komprehensif, mulai dari elastic computing, layanan database, jaringan, penyimpanan data, keamanan, middleware, hingga berbagai solusi untuk mengatasi tantangan industri vertikal.

Lebih lanjut, Leon mengatakan, bahwa layanan data center yang ditawarkan tersebut tidak secara spesifik menargetkan satu pasar tertentu.

"Siapa saja dapat menggunakannya, bisnis kecil hingga perusahaan besar,” kata dia.

Ia juga melihat Indonesia merupakan pasar penting, bukan hanya di Asia tetapi juga secara global dengan banyaknya generasi muda yang telah melalui generasi PC. Dukungan penuh dari pemerintah dan revolusi digital yang juga tengah terjadi di Indonesia membuat “pasar ini lebih seksi.”

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yang juga hadir dalam peluncuran tersebut mengatakan bahwa langkah Alibaba sejalan dengan visi ekonomi digital Indonesia.

"Target kami adalah untuk mendorong decacorn dan unicorn baru, mempercepat pertumbuhan setidaknya 1.000 perusahaan rintisan dan membantu minimal delapan juta orang di industri pertanian dan perikanan tradisional, serta UKM, untuk go digital," ujar Menkominfo.

Dalam acara ini, Alibaba Cloud juga meluncurkan Program Internet Champion Global Accelerator sebagai wujud dukungan Alibaba Cloud terhadap visi "Go Digital 2020" dengan memberikan pelatihan, bimbingan dan peluang modal ventura kepada perusahaan-perusahaan dan para profesional.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9338 seconds (0.1#10.140)