Dukung Non-Tunai di Desa, TCASH Uji Coba Pembiayaan Kredit Ultra Mikro

Rabu, 12 Desember 2018 - 01:47 WIB
Dukung Non-Tunai di Desa, TCASH Uji Coba Pembiayaan Kredit Ultra Mikro
Dukung Non-Tunai di Desa, TCASH Uji Coba Pembiayaan Kredit Ultra Mikro
A A A
JAKARTA - TCASH kembali menegaskan komitmennya untuk memperluas implementasi gaya hidup nontunai dalam kehidupan sehari-hari di seluruh kalangan masyarakat. Ini dibuktikan dengan keterlibatannya menjadi salah satu uang elektronik yang mendukung uji coba digitalisasi penyaluran pembiayaan kredit Ultra Mikro (UMI).

Hal ini berguna mendorong percepatan terealisasinya keuangan inklusif di Indonesia. Program merupakan sinergi TCASH bersama Kementerian Keuangan, BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta lembaga keuangan digital lainnya yang diluncurkan resmi, Selasa (11/12/2018) di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan.

Sebagai target wilayah uji coba, TCASH menyasar masyarakat anggota koperasi di kawasan Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Di sini penyaluran kredit UMI diarahkan sebagai pembiayaan modal bisnis anggota koperasi, khususnya untuk pengembangan Konter Pembayaran Resmi Bang TCASH di wilayah tersebut.

Sekarang di area Lombok Timur, terdapat lebih dari 1.200 debitur koperasi yang masih menerima pinjaman dalam bentuk uang tunai. Mereka inilah yang menjadi target sasaran TCASH untuk ditransformasikan ke dalam bentuk nontunai.

“Layanan penyaluran biaya kredit Ultra Mikro merupakan salah satu solusi pembayaran nontunai yang kami hadirkan bagi masyarakat di wilayah Lombok Timur, khususnya bagi para pemilik bisnis lokal," ucap Danu Wicaksana, CEO TCASH.

Wilayah ini, sambung dia, secara khusus dipilih sebagai salah satu upaya TCASH dalam membantu masyarakat setempat yang memiliki keterbatasan akses terhadap layanan keuangan formal. Tentunya hal itu berguna untuk pengembangan bisnisnya.

Penggunaan TCASH sebagai metode nontunai penyaluran pembiayaan kredit UMI juga akan memudahkan masyarakat memanfaatkan ekosistem lokal yang telah dibangun TCASH di pelosok negeri. Misalnya, merchant lokal; Konter Pembayaran Resmi Bang TCASH; toko ritel modern; serta mitra TCASH lainnya yang melayani pembayaran tagihan PPOB dan layanan keuangan.

Kemudahan ini diharapkan dapat terus membantu memasyarakatkan gaya hidup nontunai dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, dengan layanan ini, TCASH turut berkomitmen membantu pemerintah dalam menyajikan data penerima kredit secara akurat, cepat, dan real-time, agar penyaluran kredit UMI ini pun tepat sasaran.

“Kami optimis layanan ini dapat diterima dengan baik dan turut membantu pengembangan bisnis lokal masyarakat di Lombok Timur. Ke depannya, kami akan memperluas cakupan wilayah penyaluran pembiayaan kredit UMI menggunakan TCASH ini ke wilayah lainnya di pelosok negeri, seperti Medan, Semarang, Yogyakarta, dan Probolinggo,” tutup Danu.

18). Foto/ist
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8816 seconds (0.1#10.140)