Praktis, Perusahaan E-Procurement Ini Sediakan Keperluan Kantor

Kamis, 22 November 2018 - 20:24 WIB
Praktis, Perusahaan E-Procurement Ini Sediakan Keperluan Kantor
Praktis, Perusahaan E-Procurement Ini Sediakan Keperluan Kantor
A A A
JAKARTA - Perusahaan rintisan pionir penyedia layanan e-procurement di Indonesia, Mbiz.co.id, memaparkan fakta menarik bahwa pengadaan jasa ternyata lebih mendominasi di dalam pengadaan perusahaan di Indonesia selama semester satu 2018.

Perbandingan pengadaan barang dan jasa selama satu tahun ini adalah 20% berbanding 80%. Adapun jenis industrinya, perusahaan dari industri Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) menjadi pelaku usaha yang paling banyak menyelenggarakan pengadaan jasa.

“Ketatnya persaingan bisnis di era ekonomi digital tak hanya mendorong ketatnya persaingan antarpelaku usaha di industri e-commerce, namun juga pelaku industri konvensional. Mereka dituntut menjalankan kreativitas untuk memikat konsumen dalam aktivasi pemasarannya. Tidak mengherankan jika pengadaan jasa terkait aktivitas pemasaran mendominasi kegiatan tim procurement perusahaan di Indonesia pada tahun ini,” ungkap Rizal Paramarta, CEO Mbiz.co.id dalam keterangan tertulisnya, Kamis (22/11/2018).

Jenis jasa yang paling banyak dibutuhkan oleh perusahaan di sini selama setahun terakhir sangat beragam. Kebutuhan terhadap jasa customized item adalah yang paling tinggi.

Perusahaan-perusahaan FMCG maupun perusahaan rintisan berbasis digital yang memiliki produk atau layanan yang harus disosialisasikan banyak mencari dan menggunakan barang promosi dalam peluncuran produk, aktivitas pemasaran, serta kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan konsumen mereka.“Selain itu, jasa penyediaan 'Manpower' juga menjadi jasa yang banyak dibutuhkan di tahun ini. Kebutuhan di bidang jasa ini beragam, dari jasa layanan kebersihan, jasa tim keamanan, hingga jasa penyediaan sales promotion girl (SPG). Khusus untuk kebutuhan jasa SPG, mal menjadi jenis usaha yang paling banyak membutuhkannya. Kebutuhan jasa lainnya yang menonjol di tahun ini adalah kebutuhan jasa call center, asuransi, dan jasa pemeliharaan gedung,” tutur Rizal.
Sementara kebutuhan pengadaan barang, jenis-jenis produk yang dibutuhkan tidak banyak berubah dari masa sebelumnya. Kebutuhan kantor terhadap pengadaan komputer –desktop PC maupun notebook-, kendaraan bermotor untuk operasional (motor, mobil, truk), serta perlengkapan kantor sehari-hari seperti bangku dan kursi.

Proses procurement selalu menjadi salah satu pekerjaan dengan kompleksitas tinggi di setiap perusahaan. Uniknya, di luar kompleksitas administrasi dan regulasi, tim procurement harus mencari dan memilih penyedia barang dan jasa yang dibutuhkan.

Problemnya, tim procurement seringkali terkendala karena tidak memiliki pemahaman terhadap barang dan jasa yang sedang dibutuhkan. “Mbiz.co.id hadir di Indonesia dengan layanan solusi total e-procurement yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan. Dengan beragam kategori yang tersedia di situs Mbiz.co.id, pelanggan dari kalangan korporasi dapat menikmati pilihan luas dalam berbelanja barang dan jasa dari vendor-vendor terpercaya," sebut Rizal.

Di laman ini, perusahaan bisa berbelanja mulai produk peralatan industri, TI & elektronik, jasa produksi barang-barang terkustomisasi, hingga jasa event organizer. Bahkan disediakan jasa-jasa unik dan spesifik untuk keperluan kantor dan bisnis.

Untuk memperkuat perannya sebagai penyedia solusi total e-procurement B2B yang bisa diandalkan, Mbiz.co.id dilengkapi sistem persetujuan online. Ditambah strategi, inisiatif, dan kreativitas yang terintegrasi untuk menghadirkan efisiensi tinggi dalam bertransaksi online.

Mbiz.co.id juga menawarkan harga kompetitif dan transparan melalui sistem pembayaran yang bisa dilakukan dari mana dan kapan saja. Seluruh transaksi dijamin akan tercatat secara aman dan siap digunakan untuk keperluan pelaporan perusahaan yang transparan dan akuntabel.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6364 seconds (0.1#10.140)