Komputer Tercepat di Dunia Ada di Amerika Serikat

Rabu, 14 November 2018 - 21:02 WIB
Komputer Tercepat di...
Komputer Tercepat di Dunia Ada di Amerika Serikat
A A A
NEW YORK - Superkomputer, atau komputasi berkinerja tinggi yang canggih, tercepat di dunia dirilis setiap dua kali dalam setahun. Summit dan Sierra adalah dua superkomputer tercepat di dunia, di mana keduanya berbasis di Amerika Serikat.

Summit dan Sierra sama-sama mengandalkan teknologi IBM. Dalam daftar teratas sepuluh superkomputer tercepat di dunia, lima diantaranya berada di AS. Summit sendiri dinobatkan sebagai komputer tercepat di dunia pada bulan Juni tahun ini.

Summit memiliki 2,4 juta core prosesor, sementara Sierra memiliki 1,6 juta. Sejatinya, keduanya memiliki spesifikasi yang sama ketika dioperasikan pada prosesor IBM Power9 dengan chip akselerator NVIDIA Tesla V100.
baca juga:

Dengan ini, berarti dua superkomputer tercepat di dunia ada di AS. Jadi, untuk rincian daftar peringkat sepuluh teratasnya adalah lima dari AS, dua dari Tiongkok, dan satu masing-masing dari Swiss, Jerman, dan Jepang, demikian dilansir interestingengineering..

Selanjutnya Sunway TaihuLight dari China superkomputer tercepat ketiga di dunia.

Sunway TaihuLight menggunakan prosesor rumahan dan mampu melakukan 93 petaflops, sementara Tianhe-2 didukung chip Intel dapat melakukan 33,9 petaflops.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2252 seconds (0.1#10.140)