Mengenal Daniel Zhang Kandidat Terkuat Calon Pengganti Jack Ma

Senin, 10 September 2018 - 20:02 WIB
Mengenal Daniel Zhang...
Mengenal Daniel Zhang Kandidat Terkuat Calon Pengganti Jack Ma
A A A
BEIJING - Di antara 86.000 karyawan yang bekerja di Alibaba Group Holding, Daniel Zhan, terpilih menjadi penerus tongkat estafet Jack Ma sebagai Chairman Alibaba pada 10 September 2019 mendatang.

Zhang (46) merupakan lulusan Shanghai University of Finance and Exonomics. Sebelum bergabung dengan Alibaba, ia sempat menjabat sebagai chief financial officer di perusahaan game asal China Shanda Interactive Entertaiment dan juga sebagai salah satu manajer senior di audit PwC dan divisi penasehat bisnis di Shanghai.

Ia pertama kali bergabung dengan Alibaba pada tahun 2007 dan menjabat sebagai kepala keuangan (CFO) Taobao yang merupakan salah satu anak perusahaan Alibaba yang fokus pada lelang barang elektronik.

Di tahun 2011, ia didapuk sebagai Presiden Tmall, platform business-to-consumer (B2C) milik Alibaba. Namanya melejit ketika memulai festival belanja 11 November “Double 11”, yang sekarang sering disebut sebagai Single's Day, yang telah berevolusi dari hanya membawa 50 juta yuan dalam festival pertama ditahun 2009, hingga menjadi 168 miliar yuan (25 miliar dolar AS) pada tahun lalu.

Keberhasilannya menciptakan tren belanja baru ini lah yang membuat Alibba menarik Zhang ke kantor puat. Di tahun 2013 ia menjabat sebagai COO Alibaba Group yang berperan sebagai pengawas operasi bisnis Alibaba Group di China maupun di luar negeri.

"Alibaba telah melihat pertumbuhan yang konsisten dan berkelanjutan selama 13 kuartal berturut-turut," kata Ma dalam sepucuk surat kepada staf disitat laman South China Morning Post, Senin (10/9/2018).

Ma menambahkan bahwa pikiran analitisnya tak tertandingi, Zhang memegang misi dan visi Alibaba, ia memegang tanggung jawab dengan semangat, dan dia memiliki keberanian untuk berinovasi dan menguji model bisnis kreatif.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2254 seconds (0.1#10.140)