Destinasi Foto Media Sosial Favorit, Bali Kalahkan Paris-Tokyo

Selasa, 26 Desember 2017 - 17:01 WIB
Destinasi Foto Media Sosial Favorit, Bali Kalahkan Paris-Tokyo
Destinasi Foto Media Sosial Favorit, Bali Kalahkan Paris-Tokyo
A A A
JAKARTA - Bagi wisawatan Indonesia, Pulau Bali masih menjadi pilihan utama mereka untuk memilih destinasi foto untuk kebutuhan media sosialnya. Meskipun mereka tetap melancong ke luar negeri.

Setidaknya hal ini tercatat dalam hasil survei Frame A Trip, sebuah perusahaan rintisan Indonesia di bidang fotografi untuk berlibur (holiday photography). Selama 2017, Frame A Trip melayani pasar wisatawan asal Indonesia dengan perjalanan liburan 71% kebanyakan ke wilayah benua Asia.

Hal ini terlihat dengan tiga negara di Asia, yakni Indonesia, Jepang, dan Singapura mendominasi lima negara paling digemari untuk tujuan foto sambil berlibur. Seusai foto, hasilnya pun diunggah wisatawan ke media sosial semacam Instagram. (Baca juga: Demi Foto Instagram, Keluarga Milenial Sewa Fotografer Profesional )

"Secara lebih spesifik di tingkat kota, Bali menduduki urutan pertama. Lalu diikuti Kota Paris, Tokyo, London, serta Kyoto yang menjadi lima kota destinasi berfoto paling favorit," ungkap Dian Sastrowardoyo, pendiri Frame A Trip dalam keterangan tertulis yang diperoleh SINDOnews di Jakarta, Selasa (26/12/2017).

Outdoor Perkotaan Paling Digemari
Untuk lokasi foto, wisatawan Indonesia ketika berfoto dengan fotografer profesional kecenderungannya 88% memilih foto luar ruangan dengan 68%-nya suka tema berlatar perkotaan. Di mana 90%-nya mengambil latar perkotaan dengan objek ciri khas dari kota destinasi wisata (landmark), contohnya background Menara Eiffel di Paris atau Big Ben di London.

Lalu hanya 32% yang suka foto outdoor berlatar suasana alam. Tepatnya lokasi pantai (83%) jadi pilihan utama foto liburan dan contoh yang terkenal adalah Pantai Melasti di Bali.

Pose Favorit Berlibur
Selain itu, satu hal yang tidak kalah menarik dalam survei ini adalah pilihan pose foto paling favorit saat fotografi liburan. Dari hasil foto-foto Frame A Trip selama 2017, ternyata wisatawan Indonesia 79% bergaya tanpa mencium dengan 35% pose gaya bebas, 33% berpegangan tangan, dan 32% memakai pose andalan merangkul pasangan foto.

Dari sisi penampilan, 85% pengguna Frame A Trip saat foto sesi lebih memilih pakaian kasual dan 69% hanya memakai makeup yang tipis sekadar terlihat fresh di depan kamera. Untuk 11%-nya, mereka yang saat difoto menggunakan baju tradisional biasanya karena destinasi wisatanya memang terkenal dengan baju adat.

"Misalnya Jepang dengan kimononya atau Korea Selatan dengan hanboknya. Berlibur sudah menjadi tren bagi keluarga milenial di Indonesia,” simpul Dian.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8627 seconds (0.1#10.140)
pixels